Fakultas Pertanian Unitomo Tingkatkan Kerja Sama dengan Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak


Pada Selasa, 19 Desember 2023, Fakultas Pertanian Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) mengukuhkan kerja sama dengan Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak Surabaya melalui penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA). Acara tersebut dipimpin oleh Wakil Dekan I, Ir. M. Tajuddin Noor, M.P. Dosen dan mahasiswa dari Program Studi Agrobisnis Perikanan, Budidaya Perairan, dan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan turut hadir dalam kunjungan ini, yang juga mencakup penandatanganan Implementing of Agreement (IoA) untuk pelaksanaan praktikum pengenalan lapang klimatologi dan meteorologi.

Kerja sama antara Fakultas Pertanian dan Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak melibatkan pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika maritim. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menghadapi tantangan terkini terkait dengan perubahan iklim dan kondisi meteorologi di wilayah maritim.

Sebagai langkah strategis, Fakultas Pertanian Unitomo juga menginisiasi pendirian stasiun meteorologi mini di lingkungan kampus. Keberadaan stasiun ini diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dalam mendukung penelitian, pendidikan, dan pemahaman lebih baik terhadap kondisi meteorologi di wilayah maritim.

Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pengetahuan, riset, dan praktik lapangan yang lebih baik di bidang meteorologi dan klimatologi. Dengan melibatkan mahasiswa dalam praktikum di lapangan, Fakultas Pertanian Unitomo memberikan pengalaman langsung dan mendalam kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang mereka pelajari dalam lingkungan nyata.