Rektor Resmi Lepas Jamaah Haji 2024 dari Unitomo


Bertempat di Auditorium RM Soemantri, Selasa (30/04) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar Pelepasan Jamaaah Haji Tahun 2024. Kegiatan ini di hadiri dua calon haji yaitu Miftahul Khoiroh dosen Fakultas Ilmu Kesehatan dan Wahyu Prawesti dosen Fakultas Hukum serta seluruh sivitas akademika Unitomo termasuk Rektorat Unitomo dan pimpinan Yayasan Pendidikan Cendekia Utama (YPCU) yang menaungi Taman Pendidikan Dr. Soetomo. 

Dalam sambutan pembukanya Ketua Pembina  YPCU Eddy Yunus menyatakan rasa syukur yng mendalam dan mendoakan agar kedua calon Jamaah ini dilancarkan segala urusan mulai dari persiapan sampai pemberangkatan. “ Mudah-mudahan ibu Miftah dan Ibu Wahyu senantiasa mendapatkan petunjuk bimbingan dan ridho dari Allah SWT. Dan Mari kita mendo’akan semoga bapak/ibu nanti selama menjalankan ibadah suci bisa khusuk sehingga mendapatkan haji yang mabrur yang merupakan cita-cita semua jemaah haji, ujar Eddy Yunus.

Sementara itu Siti Marwiyah Rektor Unitomo dalam sambutan sekaligus tausiyah menjelaskan hikmah Ibadah Haji dan menceritakan pengalaman pribadinya ketika menunaikan ibadah  haji dan umroh bersama keluarga. “Salah satu yang sangat penting untuk dijaga dan benar-benar diperhatikan dengan baik oleh semua umat Islam yang hendak menunaikan rukun Islam kelima ini adalah tentang niat. Sebab, niat memiliki peran yang sangat penting dalam suatu perbuatan atau ibadah manusia. Dengan niat, semua umat islam yang berhaji dapat mengetahui keinginan dan arah yang ditujunya, sehingga ia bisa mencapai kesadaran diri untuk meraih apa yang telah menjadi tujuan intinya, ‘ujar Rektor Unitomo yang sering dipanggil Iyat ini.

Dalam penutupan Tausiyahnya Iyat mengingatkan agar disamping niat sebagai muslim harus punya motivasi  dan keinginan yang kuat untuk menunaikan rukum islam ke 5 ini. “ Yakinlah bahwa Allah tidak memanggil orang-orang yang mampu tapi Allah memampukan orang-orang yang terpanggil. Untuk bisa menjadi yang “terpanggil” niat saja tidak cukup. Harus dengan “niat dan keinginan yang kuat” yang dimanifestasikan dalam tindakan kita.  Berdoa setiap waktu dan mengerahkan segenap tenaga dan usahanya untuk bisa pergi ke Baitullah.   Keinginan yang kuat Insya Allah akan menuntun kita ke jalan menuju Baitullah”, demikian tutur Iyat.

Diakhir kata-kata Iyat berpesan agar jangan lupa mendoakan Unitomo agar lebih maju dan sukses lagi. “ Saya titip doa yang terbaik bagi kemajuan Unitomo terutama dalam perolehan mahasiswa baru yang akan datang serta pelaksanaan seluruh program kerja agar agar lebih sukses dan maksimal”, imbuh Iyat. (AGBAR)