Kuliah Umum Teknik Sipil: Lesson Learned Earthquake Disasters


Kamis (22/11/2018) kemarin, Prodi Teknik Sipil menyelenggarakan kuliah tamu rutin di ruang RM. Soemantri, yang diikuti sekitar 80 mahasiswa dan dosen.

Tema kuliah tamu kali ini adalah "Lesson Leaned-Earthquake Disasters" yang merupakan materi yang menarik karena aktual dengan kondisi saat ini. Indonesia dalam beberapa bulan ini diguncang gempa di beberapa daerah, mulai dari Lombok Mataram, Palu dan Donggala, hingga beberapa tempat lainnya di Jawa Timur dan Sulawesi Utara.

Sebagai pemateri, Bapak Ir. Jimmy Chandra, S.T., M.Eng., Ph.D.  yang merupakan pakar dalam bidang bangunan tahan gempa dari UK Petra Surabaya.

Pada kesempatan tersebut, Pak Jimmy menguraikan tentang apa itu bencana gempa bumi, jenis-jenis gempa bumu, konsekuensi yang timbul dari gempa bumi, hingga pelajaran apa yang bisa diambil dari beberapa kejadian gempa bumi yang terjadi di Indonesia. Sebagai penutup, Pak Jimmy menyampaikan data beberapa gempa bumi terbesar yang pernah terjadi di dunia.

Selain runtut Pak Jimmy memaparkan materinya dalam slide presentasi yang menarik disertai dengan foto-foto contoh kasus dari berbagai kejadian dan dikaitkan dengan ilmu konstruksi bangunan.

Setelah kurang lebih 60 menit Pak Jimmy memaparkan materinya, sesi berikutnya tanya jawab. Beberapa mahasiswa dan dosen antusias untuk menanyakan berbagai fenomena gempa bumi.

Terimakasih Pak Jimmy yang telah berbagi ilmu dan pengalamannya kepada mahasiswa dan dosen Prodi Teknik Sipil Unitomo.