FIA Unitomo Gelar Persiapan Penyusunan Instrumen Suplemen Konversi untuk Konversi Peringkat Akreditasi


Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) aktif menggelar persiapan penyusunan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) pada 9 Januari 2024 di Meeting Room FIA diikuti oleh struktural fakultas dan prodi. Kegiatan ini menjadi langkah strategis dalam meningkatkan peringkat akreditasi, dipandu oleh Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM), Drs. Hadi Sugiyanto, MS., serta Haerussaleh, S.Pd., M.Pd. sebagai assesor utama. ISK, yang disusun sesuai dengan Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 27 Tahun 2022 tentang Konversi Peringkat Akreditasi dengan Menggunakan Instrumen Suplemen Konversi, menjadi instrumen khusus yang digunakan untuk konversi peringkat dari sistem peringkat A, B, dan C ke sistem peringkat Unggul, Baik Sekali, dan Baik.

Instrumen Suplemen Konversi menjadi penting dalam transformasi peringkat akreditasi. Sesuai dengan regulasi BAN-PT, ISK digunakan untuk merubah peringkat akreditasi lama menjadi peringkat akreditasi yang baru. Contoh konversi termasuk perubahan dari peringkat Akreditasi A menjadi Akreditasi Unggul, dari peringkat Akreditasi B menjadi Akreditasi Baik Sekali, serta dari peringkat Akreditasi C menjadi Akreditasi Baik. FIA Unitomo berkomitmen untuk memastikan kesesuaian dan kualitas instrumen konversi guna memperkuat posisinya dalam ranah pendidikan tinggi di Indonesia.

Pada kegiatan ini, Drs. Hadi Sugiyanto, MS., sebagai Kepala BPM, memberikan arahan dan pemahaman mendalam mengenai pentingnya ISK dalam mencapai peringkat akreditasi yang lebih tinggi. Dengan melibatkan semua pihak terkait, FIA Unitomo menunjukkan dedikasi dalam meningkatkan mutu dan daya saing lembaganya, seiring dengan upaya pemerintah untuk terus meningkatkan standar pendidikan tinggi di tanah air.