Webinar Jurnalistik: FKIP Ajak Peserta Berkarya Melalui Publikasi di Media Massa


Webinar Jurnalistik dengan Tema Strategi Penulisan artikel di Media Massa merupakan webinar yang kedua kalinya yang digelar oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Webinar kali ini menghadirkan pemateri Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur, Arief Rahman, S.T., M.M dan dua mahasiswa  FKIP Unitomo prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia yaitu Suci AyU Latifah dan Sri Wahyuni yang memiliki banyak publikasi artikel di media massa.

Rektor Universitas Dr.Soetomo, Dr.Siti Marwiyah, S.H., M.H. dalam sambutannya mengungkapkan harapannya bahwa melalui tulisan kita dapat dikenal dunia, oleh karena itu, tulisan juga dapat menjadi cikal bakal mewujudkan Unitomo yang dikenal oleh dunia. “Terima kasih saya ucapkan kepada tiga pemateri yang telah memberikan ilmunya untuk peserta webinar dan memberikan literasi kita semua agar dapat meningkarkan karya tulis kita” ucap Rektor Unitomo saat sambutan.

 

Ketua AMSI dalam paparannya menyampaikan beberapa manfaat menulis. “Ada banyak hal yang kita dapatkan kalau kita mau menulis idiantaranya mengikat ilmu, menuangkan ide, dan memberikan solusi baik pada media cetak atau online yang dapat diwujudkan dalam bentuk opini, kolom yang isinya problem atau hal-hal yang kita inginkan. Ini merupakan alternative bagi bapak/ibu untuk menulis suatu artikel”ucap Arief. Sri Wahyuni dalam paparannya juga menambahkan beberapa keuntungan yang didapat jika kita dapat menulis suatu artikel. “Melalui tulisan kita dapat mengobati, sumber menulis juga dapat diwujudkan dari bentuk pengamatan sebagai hasil kepekaan kita terhadap lingkungan sekitar, dan menulis bukanlah keturunan tapi harus terus berlatih untuk semakin meningkatkan kita sebagai penulis” kata Sri Wahyuni. Suci Ayu Latifah sebagai pemateri ketiga juga menambahkan tips agar tidak mudah menyerah, dan puas diri. Menulis adalah sesuatu yang wajib sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan.