Prodi Sastra Inggris Unitomo Beri Pelatihan Teknik Meringkas Teks Fiksi di SMAN 19 Surabaya


Kamis (1/2/2024) Program Studi Sastra Inggris Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar kegiatan keliterasian yang dikoordinir oleh Kaprodi, Kusuma Wijaya, S.S., M.Pd.. Prodi Sastra Inggris bersama Himaprodi Sastra Inggris merespons undangan dari Kepala Sekolah SMAN 19 Surabaya untuk memberikan Pelatihan Literasi Membaca dan Teknik Meringkas Teks Fiksi kepada 420 siswa/siswi kelas X dan 420 siswa/siswi kelas XI di Aula SMAN 19 Surabaya.

Kegiatan ini bukan hanya sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa/siswi di SMAN 19, tetapi juga sebagai sarana untuk mengenalkan Prodi Sastra Inggris Unitomo kepada calon mahasiswa. Kusuma Wijaya, S.S., M.Pd., selaku Kaprodi, mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk komitmen Prodi Sastra Inggris dalam mendukung peningkatan kualitas literasi di kalangan pelajar.

Pelatihan yang diberikan mencakup literasi membaca dan teknik meringkas teks fiksi. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa/siswi dalam memahami dan merangkum teks fiksi dengan lebih baik. Prodi Sastra Inggris Unitomo berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan minat baca serta kemampuan literasi siswa/siswi di SMAN 19 Surabaya.

Melalui kegiatan keliterasian ini, Prodi Sastra Inggris Unitomo tidak hanya menjadi bagian dari pendidikan formal di SMAN 19, tetapi juga berperan aktif dalam mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada tingkat pendidikan menengah dan gerakan literasi di masyarakat.