Pelatihan Penyegaran Pengelolaan Jurnal Ilmiah di Unitomo: Meningkatkan Akreditasi Jurnal


Kamis (4/4/2024), Pusat Pengelola Jurnal (PPJ) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) mengadakan pelatihan dengan judul "Penyegaran Kembali Pengelolaan Jurnal Ilmiah Menuju Peningkatan Akreditasi." Kegiatan ini diselenggarakan khusus untuk pengelola jurnal prodi dengan tujuan memberikan pemahaman tentang pengelolaan jurnal ilmiah dan strategi untuk meningkatkan akreditasi jurnal. Sebagai pemateri utama, Kepala PPJ, Anik Vega Vitianingsih, S.Kom., M.T. didampingi oleh Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Nur Sayidah, S.E., M.Si.,Ak. dan Wakil Rektor I, Dr. Drs. Amirul Mustofa, M.Si.

Dalam pelatihan tersebut, Vega Vitianingsih memulai dengan menjelaskan pengelolaan jurnal berbasis OJS (Open Journal System) dan peran penting jurnal manager. Materi selanjutnya membahas tata kelola jurnal terkait dengan tupoksi reviewer dan editor, dengan Vega menegaskan bahwa "Urat nadi keberlangsungan jurnal ditentukan oleh editor." Bagian akhir sesi mengulas persyaratan, tahapan, dan penilaian akreditasi jurnal, menyoroti pentingnya pengelola jurnal memahami aspek-aspek tersebut untuk meningkatkan peringkat akreditasi.

Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, diharapkan pengelola jurnal prodi di Unitomo dapat meningkatkan pemahaman dan kualitas pengelolaan jurnal ilmiah mereka, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas dan peringkat akreditasi jurnal yang dimiliki oleh universitas.