Mahasiswa KKN Unitomo Desa Gisik Cemandi Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana


Jum’at  (3/12) bertempat di Balai Desa Gisik Cemandi, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Pada Masyarakat (KKN-PPM) Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022 Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) bersama staff ahli Pusat Studi Bencana dan Lingkungan (PSBL)  melakukan sosialisasi mitigasi bencana pada masyarakat pesisir. Dengan mengusung tema “Pengembangan Desa Wisata Berbasis Mitigasi Bencana”, kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi mahasiswa dalam menjalankan salah satu programnya.

 

Dalam sambutannya, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok Desa Gisik Cemandi, Basuki Nugroho menyampaikan betapa pentingnya mengedukasi mitigasi bencana pada masyarakat pesisir untuk pengembangan desa wisata. “Sosialisasi ini adalah salah satu bentuk upaya mahasiswa untuk mengurangi risiko dan meningkatkan kesadaran serta kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana di Desa Gisik Cemandi ” Ujar Basuki.

 

Agus, salah satu warga menyampaikan keinginan para masyarakat untuk dibantu mahasiswa KKN dalam aspek-aspek bencana utamanya. “Banyaknya risiko bencana yang ada, saya minta adik-adik dapat membuatkan kami titik kumpul dan jalur evakuasi jika seandainya itu terjadi” ungkapnya.

 

Pada sesi itu pula, Messak Paidjala Staf Ahli PSBL berharap agar mahasiswa KKN dapat mengembangkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat dengan daya tarik Pengambangan Desa Wisata Berbasis Mitigasi Bencana. “Kami akan mendampingi mahasiswa KKN dengan mengadakan penelitian dan intervensi persoalan bencana yang ada”, jelasnya.