Magister Ilmu Hukum Unitomo Gelar Webinar Nasional "Indonesia Darurat Narkoba"


Sabtu, (30/03/2024), program Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Dr. Soetomo Surabaya menyelenggarakan webinar nasional bertajuk "Indonesia Darurat Narkoba". Acara ini dihadiri oleh lebih dari 130 mahasiswa dan masyarakat umum melalui platform Zoom, dimulai pukul 10.00 WIB. Pembukaan acara dilakukan oleh Dr. Subekti, S.H., M.Hum., Dekan Fakultas Hukum Universitas Dr. Soetomo Surabaya, sebagai keynote speaker.

Webinar ini menghadirkan narasumber terkemuka, antara lain Dr. Yoyok Ucuk Suyono, S.H., M.Hum., Dr. Rambo Garudo, M.Kes., dan AKP Marji Wibowo, S.H., yang membahas secara mendalam permasalahan narkoba di Indonesia serta upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi darurat narkoba di tengah masyarakat. Dr. Yoyok Ucuk Suyono, S.H., M.Hum. mengajak untuk memahami dampak narkoba pada individu dan masyarakat, serta pentingnya upaya pencegahan dan rehabilitasi yang terpadu.

Dr. Rambo Garudo, M.Kes., dalam gambaran situasi darurat narkoba, menekankan pentingnya rehabilitasi bagi pengguna narkoba. Sementara itu, AKP Marji Wibowo, S.H., memaparkan sisi sosiologis penggunaan narkoba di masyarakat, mendukung pendekatan rehabilitasi daripada pidana. Kesimpulan dari webinar ini adalah bahwa mengatasi darurat narkoba membutuhkan upaya bersama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, swasta, dan organisasi masyarakat sipil, dengan fokus pada pendekatan rehabilitasi untuk memerangi penyalahgunaan narkoba.