Kunjungan Wisudawan Terbaik Universitas Dr. Soetomo ke Kotabaru


Usai mengarungi perjalanan panjang dari Surabaya ke Kotabaru dengan transit di Banjarmasin, para wisudawan terbaik Unitomo yang menerima apresiasi dari Bupati Kotabaru, Sayed Jafar tiba di Bandara Gusti Sjamsir Alam, Kotabaru, Jumat (5/5/2023).

Sembilan wisudawan penerima apresiasi disambut resmi jajaran Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kotabaru bersama Duta Wisata Kotabaru. Seusai acara penyambutan, alumni Unitomo diajak merasakan sensasi kelezatan kuliner ikan patin dan keindahan Wisata Hutan Meranti. 

Di malam harinya, para penerima apresiasi  menghadiri undangan jamuan makan malam dan sajian kesenian daerah dari Bapak Bupati Kotabaru, H. Sayed Jafar Al-Idrus, SH dan Ibu Hj. Fatmah Idiana Sayed Jafar Alydrus di kediaman pribadi. 

Dalam sambutannya, Bupati Kotabaru mengaku bangga dengan kunjungan wisudawan penerima apresiasi sekaligus membuktikan jalinan kuat yang telah terpatri antara Unitomo dengan Pemkab Kotabaru.

“Jadikanlah Kotabaru sebagai rumah ke dua dari civitas academika Unitomo. Selamat datang di Bhumi Saijaan dan kabarkan ke siapa saja kalau Kotabaru siap menyambut kedatangan sanak suadara, sahabat serta keluarga besar Unitomo,”pungkas Sayed Jafar.

Selama lima hari kunjungan ke Kotabaru,  penerima apresiasi yang merupakan representasi dari wakil wisudawan terbaik semester gasal tanggal 11 Maret 2023 lalu. Selain Kawasan Hutan Meranti, penerima apresiasi juga mengunjungi Pantai Gedambaan, Pantai Siring Laut, Bukit jMamake SJA, Guo Lowo, Kampung Rampa Berkah, Kawasan Makam Raja Sigam, Pulau Busung Bangau, menjajal kendaraan jet sky, menikmati hidangan menjangan dan lain-lain.

“Saya begitu terkesan dengan acara ini dan mengambil banyak pelajaran penting dari kunjungan ke Kotabaru. Semangat Bupati Kotabaru, Sayed Jafar Alydrus layak dijadikan panutan dan kisah sukses mengelola pariwisata harus dijadikan role model bagi daerah lain dan kajian akademis,”ungkap Ichwanus Sofa.

Dalam muhibah ke Kotabaru, kesembilan penerima apresiasi mendapat arahan dan bimbingan teknis dari dosen pembimbing Adhania Andika P., S.TP., MT dan Dr. Ari Junaedi, SH, M.Si selaku dosen Pascasarjana Fikom Unitomo yang juga Konsultan Pemkab Kotabaru.