KKN Unitomo Sosialisasikan Pengurangan Resiko Bencana di Pasar Larangan Sidoarjo



Sebagai bentuk kepedulian terhadap para pedagang di pasar Larangan Sidoarjo Jawa Timur maka sejak 13 Januari lalu 80 mahasiswa yang tergabung dalam Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) telah terjun langsung melaksanakan tugasnya terutama dalam pengurangan resiko bencana kebakaran dan banjir di lokasi KKN tersebut.
Lokasi pasar induk terbesar dan terpadat pedagangnya ini mempunyai beberapa permasalahan terutama penataan lapak pasar yang padat dan selokan yang tersumbat sehingga cukup sulit untuk mengantisipasinya dan pencegahannya bila terjadi bencana kebakaran dan banjir.
Ditemui di sela kegiatan sosialisasi pemasangan biopori pada Minggu (10/1) Azizirohman Ketua Kelompok KKN Unitomo mengatakan program pemasangan biopori ini merupakan hasil pemetaan kebutuhan lokasi lapak dalam pasar yang sering tergenang banjir. “Para pedagang disini sangat antusias mengikuti program sosialisasi pengurangan resiko banjir ini. Mudah-mudahan upaya ini dapat mengurangi tingkat genangan di sini”, ujar mahasiswa FKIP ini.
“Ini adalah salah satu dari beberapa rangkaian program pengurangan bencana yang telah kami laksanakan, sebelumnya adalah pelaksanaan program sosialisasi pamflet ke pedagang tentang pengurangan resiko kebakaran akibat listrik dan penempelan stiker evakuasi di beberapa titik lokasi rawan bencana di pasar”, imbuhnya.
 
Dalam kesempatan lain Nevrettia Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN mengatakan pentingnya koordinasi program KKN tematik pengurangan resiko bencana ini dengan pihak lembaga terkait seperti pihak pengelola Pasar, PLN dan Dinas Pemadam Kebakaran. “Dari hasil studi lingkungan pasar sebelumnya terdapat beberapa temuan yang di rekomendasikan seperti terdapat hidran air yang kering ditambah akses masuk yang sulit sehingga merepotkan upaya pemadaman api bila terjadi kebakaran”, terang dosen Fikom ini. “Hal ini tentunya harus menjadi perhatian beberapa pihak terkait seperti UPTD Pasar, PDAM dan Dinas Pemadam Kebakaran setempat.’, tambahnya.
Menurut rencana KKN PPM Tematik Pengurangan Resiko Bencana di pasar Larangan Sidoarjo ini akan berakhir pada tanggal 17/2 yang akan datang. Dan akan di tutup dengan kegiatan sosialisasi penggunaan alat pemadam kebakaran dengan bola pemadam api serta pelantikan relawan pasar tanggap bencana di Pasar Larangan Sidoarjo.