KKN Tematik Mitigasi Bencana Unitomo Ditutup dengan Kesan Positif


Bertempat di Pendopo Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo, Rabu (20/12) digelar kegiatan penutupan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) tema “Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dan Penilaian Ketangguhan Sekolah di Kabupaten Sidoarjo”. Kegiatan akademik yang bekerja sama dengan Kecamatan Tulangan Sidoarjo beserta BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Sidoarjo tersebut dihadiri perwakilan 120 mahasiswa Unitomo peserta KKN, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kepala BPBD Sidoarjo, Camat Tulangan Sidoarjo, sejumla Kepala SDN se Kecamatan Tulangan, Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM), Ketua Pusat Studi Benana dan Lingkungan (PSBL) Unitomo serta para dosen pembimbing lapangan KKN.

 

Dalam sambutannya Suprayitno selaku Camat Tulangan mengucapkan apresiasinya pada mahasiswa peserta KKN yang dinilai sukses melaksanakan seluruh program kerjanya. “Terima kasih dengan adanya KKN Unitomo disini saya merasa sangat terbantukan terutama banyak sekali masukan-masukan terkait kegiatan mitigasi bencana. Kedepan saya harap kerjasama ini terus berlanjut”, ujarnya.

 

Dalam kesempatan sambutan berikutnya Dwijo Prawito Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo mengucapkan terima kasih kepada Unitomo yang secara periodik tiap tahun menjadi mitra aktif dalam penyelenggaraan program KKN bertemakan mitigasi bencana.” Terima kasih kepada Unitomo yang telah membantu kami setiap tahun menerjunkan mahasiswa program KKN di Kabupaten Sidoarjo. Dari evaluasi seluruh kegiatan KKN saya menilai mahasiswa sudah sangat baik dalam menjalankan sosialisasi yang juga disertai simulasi terkait mitigasi bencana pada siswa SDN di kecamatan Tulangan”, papar Kalaksa BPBD Sidoarjo ini.

 

Senada dengan Kepala BPBD, Endang Soelistyaningroem dalam testimoninya mewakili Kepala Sekolah Dasar se kecamatan Tulangan mengaku puas dalam pelaksanaan KKN Tematik Bencana ini. “Selama 10 hari efektif pelaksanaan program kerja KKN disini, seluruh mahasiswa semua telah hadir dan melaksanakan tugasnya sesuai jadwal, termasuk materi-materi sosialisasi dan peragaan simulasi bagi siswa di sekolah dasar kami semua telah tersampaikan”, kata Kepala Sekolah SDN Kedondong 2 Tulangan Sidoarjo ini.

 

Menurutnya materi yang disampaikan merupakan ilmu baru bagi siswa apalagi diajarkan mahasiswa KKN dengan cara yang sangat menyenangkan. “Materi sosialisasi yang disampaikan sangat interaktif dan fun karena tidak hanya secara klasikal tapi juga dengan games. Apalagi ditambah dengan fasilitas MOSIPENA (Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana)serta Aplikasi INARISK. Ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan siswa terkait mitigasi bencana”, imbuhnya.

 

Ditemui di sela-sela acara Sapto Pramono Ketua LPM Unitomo yang juga Wakil Ketua Panitia KKN Unitomo di Kecamatan Tulangan mengatakan Program KKN ini secara akademik telah melaksanakan juga program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). “KKN ini sudah berhasil mengimplementasikan indikator kinerja utama MBKM yaitu mahasiswa dan dosen berkegiatan di luar kampus, capaian berikutnya yaitu BPBD Sidoarjo selaku praktisi telah memberikan masukan terkait program KKN ini yang hasilnya mahasiswa telah berhasil memberi wawasan baru tentang mitigasi bencana pada siswa di SDN se kecamatan Tulangan. Harapan kami nantinya akan tercipta Sekolah Tangguh Bencana”, ujar Doktor Ilmu Administrasi Negara ini.