Kerjasama Prodi Sastra Jepang Unitomo dengan PT License Academy Memperluas Akses Pendidikan Bahasa Jepang


Sabtu (10/2/2024) Prodi Sastra Jepang Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menjalin kerjasama dengan PT License Academy dalam penyelenggaraan Japan Education Fair di gedung A Kampus Unitomo. Acara ini merupakan kolaborasi antara PT License Academy dan Prodi Sastra Jepang Unitomo, bertujuan untuk mempromosikan peluang pendidikan bahasa Jepang di Jepang. Selain itu, dalam kesempatan tersebut, pihak Unitomo juga menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation of Arrangement (IoA). dengan PT License Academy untuk memperkuat kerjasama di bidang penerimaan siswa dan pengabdian masyarakat internasional yang dilaksanakan oleh Dra. Ciciclia Tantri, M.Pd., selaku Dekan FS dan Bahri Zumanto, selaku General Manager PT License Academy, dan Takuji Uchida, Internasional Department General Manager.

Partisipasi Klub-Klub Prodi Sastra Jepang - Acara Japan Education Fair juga diisi dengan partisipasi aktif dari Klub-Klub Prodi Sastra Jepang, seperti Klub Ryouri, Cha no Yu, Shodou, dan Origami. Mereka turut meramaikan acara dan melakukan promosi kepada calon siswa yang berminat belajar bahasa Jepang. Selain itu, dalam rangka memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada peserta acara yang mayoritas berasal dari Jepang, para dosen Prodi Sastra Jepang juga mempraktikkan pembuatan ketupat, salah satu hidangan khas Indonesia, sebagai bagian dari penyelenggaraan acara.

Peran PT License Academy dalam Peningkatan Akses Pendidikan Jepang - PT License Academy merupakan lembaga yang membantu memfasilitasi informasi mengenai sekolah bahasa Jepang bagi pembelajar bahasa Jepang yang berencana melanjutkan pendidikan di universitas-universitas di Jepang. Selain itu, lembaga ini juga berperan dalam mempromosikan sekolah bahasa Jepang dan universitas di Jepang di Indonesia. Dalam kerjasama ini, Bahri Zumanto, turut berperan aktif dalam memfasilitasi terjalinnya kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar dalam memperluas akses pendidikan bahasa Jepang bagi masyarakat Indonesia.