FKIP Unitomo Diskusikan Aspek Afektif Pembelajaran Daring di Era New Normal


Selasa (30/06), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar Webinar Nasional dengan mengangkat tema ”Aspek Afektif dalam Pembalajaran Daring di Era New Normal. Kegiatan dilaksanakan secara Daring atau online menggunakan zoom meeting sebagai media pertemuan.

 

Mengawali kegiatan, Wakil Rektor IV, Meithiana Indrasari mengungkapkan kegiatan ini bisa memberikan wawasan bagi peserta agar aspek afektif pembelajaran secara online di era New Normal bisa tepat sasaran. “Mari kita bersama-sama meujudkan pendidikan yang berkualitas di era New Normal ini”, ungkapnya.

 

Kegiatan yang diikuti sekitar 300 partisipan ini menghadirkan Prof. Bambang Yulianto, Wakil Rektor 1 Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Prof. Mustaji, Kepala Program Studi S3 Pendidikan Unesa serta Sucipto, Dosen S2 Teknologi Pendidikan Unitomo sebagai narasumber. Dalam paparannya, Prof. Bambang Yulianto mengatakan saat ini dunia pendidikan mengalami revolusi yang dahsyat, sehingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat kebijakan yang selaras dengan perubahan. “Dari arahan Kemendikbud menyebutkan, pendidikan musti menciptakan karakter yang unggul, budaya kolaboratif dan kompetitif”, ujarnya.

 

Menyikapi paparan Prof. Bambang Yulianto, Prof. Mustaji menjelaskan, dalam menyikapi kebijakan dari kementerian, dunia pendidikan dalam menerapkan keterampilan di kenormalan baru menggunakan kurikulum 2013 dengan 4C. “Setidaknya kita mengajarkan Communication, Collaboration, Critical Thingking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation”, jelasnya.

 

Sementara itu, Sucipto mengatakan dalam menerapkan pembelajaran Daring di era New Normal memiliki berbagai tantangan, diantaranya ketimpangan teknologi, keterbatasan sumber daya dankompetensi guru. “Dalam daring ini kita juga musti memerhatikan kolaborasi antara guru dan orang tua, agar tercipta suasana belajar mengajar secara online yang tepat ssaran”, kata Sucipto.