Fikom Unitomo Gelar 'Beraga Budaya Jawa Timuran' Bersama Paguyuban Cak Ning Suroboyo


Sabtu (14/01), mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Dr. Soetomo  (Unitomo) Surabaya, menggelar Beraga Budaya Jawa Timuran, di Grand City Mall, Jl. Walikota Mustajab No.1.

Acara ini, sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah, terkait edukasi kepada anak usia dini, beserta orang tua, melalui literasi kebudayaan. Sekaligus, sebagai bentuk implementasi mata kuliah MICE yang ditempuh Mahasiswa Fikom Unitomo.

Rangkaian Beraga, dibuka dengan Tari Remo, persembahan Cak & Ning Surabaya. Kemudian dilanjut lomba mewarnai yang diikuti oleh anak TK se-Jawa Timur. Acara, juga dimeriahkan  tampilan fashion show, menampilkan adik-adik penyandang disabilitas. Serta adanya pertunjukan tari, musik keroncong, pertunjukan jatilan hingga pertunjukan jula-juli. “Kami ingin mengenalkan budaya Jawa Timur sedini mungkin kepada adik-adik supaya mereka mencintai budaya yang ada di Jawa Timur dan harapan kami mereka akan dapat melestarikannya."ucap Venna selaku Ketua Pelaksana acara Beraga Budaya Jawa Timuran.

Venna menambahkan, terselenggaranya Beraga Budaya Jawa Timuran, jadi wadah bagi pegiat seni untuk tetap melestarikan, mengenalkan, dan mengembangkan kebudayaan Jawa Timur, kepada anak usia dini beserta orang tuanya. "Kami juga mempersembahkan fashion show, yang dibawakan oleh adik-adik penyandang diasbilitas untuk menunjukkan, kekurangan yang dimiliki tidak menghalangi kita untuk mencintai kebudayaan itu sendiri”, imbuhnya.

Dalam acara ini, Fikom Unitomo juga mengadakan talk show bertemakan literasi budaya. Sebagai informasi: Beraga Budaya Jawa Timuran digelar atas kerjasama FIKOM Unitomo dengan Paguyuban Cak Ning Surabaya, Sanggar Gimbal, TW Management, Putri Anak Indonesia, dan Duta Budaya Jawa Timur. Selain orang tua pendamping, acara ini turut dihadiri sivitas akademika Universitas Dr. Soetomo Surabaya