Fakultas Pertanian Unitomo dan Fakultas Teknik UWKS Dorong Produktivitas UMKM Pengolahan Ikan Asap di Kelurahan Tambak Wedi


Senin (29/1/2024) Tim dari Fakultas Pertanian Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) memperlihatkan komitmen dalam mengimplementasikan Pengabdian Kepada Masyarakat (DIPA Pengabdian) dengan tema "Peningkatan Performa UMKM Pengolahan Ikan Asap Melalui Penerapan Sanitasi - Higiene & Diversifikasi Olahan Ikan Kekinian, Serta Strategi Pemasaran di Kelurahan Tambak Wedi Kota Surabaya." Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pengolahan ikan asap.

Selain itu, Fakultas Pertanian Unitomo menjalin kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan berkolaborasi dengan Fakultas Teknik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS), melibatkan Dekan Fakultas Pertanian Unitomo Dr. Kejora Handarini, S.TP., MP., dan Dr. Ir. Fungsi Sri Rejeki, MP dari UWKS. Pelatihan ini melibatkan Lurah Tambak Wedi, Matlilla, S.Kep. Ns. M.H., dan berbagai instansi di wilayah Kota Surabaya untuk memberdayakan masyarakat dalam mengelola usaha sehari-hari.

Program ini menekankan penerapan standar sanitasi-higienis yang tinggi dalam proses produksi olahan ikan asap, memberikan jaminan keamanan pangan kepada konsumen. Selain itu, tim memberikan dorongan pada UMKM untuk lebih produktif dengan melakukan diversifikasi produk olahan ikan, sesuai dengan tren pasar yang terus berkembang.

Program Pengabdian pada Masyarakat ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat ekonomi bagi pelaku usaha, tetapi juga meningkatkan kualitas dan keamanan produk yang dihasilkan. Hasil positif dari program ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi program serupa di daerah lain, menciptakan dampak positif yang lebih luas dalam mendukung pengembangan UMKM di tingkat lokal maupun regional.

Tim PkM Unitomo

  1. Ir. M. Tajuddin Noor, MP (ketua Tim Pelaksana)
  2. Dr. Kejora Handaririni S.TP., MP.
  3. Ir. Retnani Rahmiati, M.Si
  4. Gilang Rosrita, SPi, M.Si.
  5. Rhochmad Wahyu Illahi, S.Pi., MBA, MP.
  6. Jumrotul Jannah (Mahasiswa Teknologi Pangan)
  7. Revina Lusi (Mahasiswa Teknologi Pangan)
  8. Aslamiah Anjani (Mahasiswa Teknologi Pangan)
  9. Alvian (Mahasiswa Teknologi Pangan)
  10. Bachrul (Mahasiswa Perikanan)
  11. Nanda (Mahasiswa Perikanan)
  12. Satriya (Mahasiswa Perikanan)

Tim Kerjasama Universitas Widya Kusuma

  1. Ir. Endang Retno Wedowati, MT.
  2. Dr. Ir. Fungsi Sri Rejeki, MP
  3. Ir. Tri Rahayuningsih, MA