Dr. Drs. Harliantara, M. Si. Terbitkan Buku Baru Bidang Produksi Siaran Radio


Dr. Drs. Harliantara, M. Si., semakin mengukuhkan dirinya sebagai akademisi, praktisi penyiaran, dan penulis buku ajar dengan menerbitkan karya terbarunya berjudul, "Pengantar Produksi Siaran Radio," pada tahun 2023. Melalui buku ini, Harliantara bersumbangsih memberikan kontribusi berharga bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi, khususnya di bidang konsentrasi jurnalistik dalam produksi siaran radio.

Perjalanan kreatif Harliantara dalam dunia literasi dimulai pada tahun 2005 dengan buku pertamanya berjudul "Radio: Suatu Pengantar Untuk Wacana Dan Praktik Penyiaran," yang diterbitkan oleh Penerbit Bayu Media Malang. Berlanjut dengan serangkaian karya berjudul "Penyiar It’s Not Just A Talk" (2007), "Think and Learn Radio" (2011), "Radio Is Sound Only" (2013), "On Air To Online" (2017), hingga "Radio: Dulu, Kini dan Nanti" (2021), yang semuanya mengukir prestasi di dunia penerbitan, diterbitkan oleh Broadcastmagz Publisher Jakarta.

Selain sebagai penulis, Harliantara juga seorang praktisi penyiaran berpengalaman yang menorehkan jejak di berbagai stasiun radio dan televisi di Indonesia, termasuk Radio OZ Bandung, Trijaya FM Jakarta,  Spacetoon TV Surabaya, dan beberapa stasiun radio dan televisi lainnya. Pendidikan lanjutan di Amerika Serikat pada tahun 1997, dengan undangan dari USAID, dan partisipasinya dalam International Broadcaster Conference di Voice Of America pada tahun 1998, serta International Visitor Leadership Program Digital Economy pada tahun 2023, menunjukkan komitmen globalnya dalam mengembangkan ilmu penyiaran.

Harliantra yang tercatat pernah meraih sebagai Program Manager Terbaik pada Lomba Insan Radio Siaran Tingkat Nasional oleh Pengurus Pusat PRSSNI pada tahun 1995, perjalanan pendidikannya dimulai dari Pendidikan Dasar di Pelabuhan Ratu hingga merampungkan studi doktoral di Universitas Padjadjaran Bandung. Keberhasilannya bukan hanya di dunia akademis, tetapi juga dalam berbagai organisasi, seperti Resimen Mahawarman Universitas Pasundan Bandung, Himpunan Praktisi Penyiaran Indonesia Jawa Timur (HPPI), dan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia Jawa Barat dan Jawa Timur.

Memulai karier di dunia pendidikan sejak tahun 1995, Harliantara telah memberikan kontribusi di berbagai perguruan tinggi, seperti Universitas Kristen Petra, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, dan Universitas Telkom Bandung. Saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya dan Presiden FDR INDONESIA (Forum Diskusi Radio), Harliantara terus menapaki perjalanan dalam berkarya untuk membentuk generasi penerus yang kompeten di bidang Ilmu Komunikasi dan penyiaran.

Harliantara dengan 2 buku karya terbarunya


Penyerahan 2 buku  kepada Kepala Biro BKHP