Tax Center: Pelatihan dan Pendampingan Pengisian SPT dan Pemadanan Nomor NPWP ke NIK




Keterangan: Pembukaan acara oleh Dekan FEB Unitomo Prof. Dr. Sukesi, MM


Tax Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Dr Soetomo Surabaya menggelar acara bernama Pelatihan dan Pendampingan Pengisian SPT dan Pemadanan Nomor NPWP ke NIK. Acara ini dilaksanakan pada 16 Maret 2023. Tujuan diadakannya acara ini yakni memberikan suatu pelatihan secara langsung berupa praktek langsung mengenai tata cara pengisian SPT dan Pemadanan Nomor NPWP ke NIK.

Sebagai informasi bagi pembaca, berdasarkan Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bahwasannya penggunaan Nomor NPWP format lama (15 Digit) mempunyai masa berlaku hingga 31Desember 2023. Kemudian tahun depan akan diberlakukan pembaharuan Nomor NPWP format baru (16 Digit). Untuk itu acara ini juga mensosialisasikan hal tersebut.

Dalam acara ini dihadiri oleh Dekan FEB Prof. Dr. Sukesi, MM,  Wakil Dekan Dr. Bambang Raditya, MM, Ketua Prodi Akutansi Alberta Esti Handayani, SE, Ak, MM, Tax Center Dr. Yoosita Aulia, SE, Ak, MM dan Drs. Didik Tugas Suprianto, MM, dan para peserta.

Acara ini di buka dengan sambutan hangat oleh Dekan FEB Unitomo, Ibu Prof. Dr. Sukesi, MM.

“Pertama – tama saya mengucapkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT atas berlangsungnya acara ini. Pada kesempatan kali ini saya mewakili jajaran pengurus FEB Unitomo mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu dan para peserta pelatihan. Diharapkan dengan diadakannya acara ini  dapat memberikan kelancaran dalam tata cara pelaporan pajak terbaru. Saya juga terima kasih atas semua yang telah berperan dalam memfasilitasi acara ini. Semoga kita semua mendapatkan keberkahan. Amiin ”

Acara ini berlangsung sangat aktif, walau hanya di hadiri 7 peserta namun acara ini sangatlah intensif dalam melakukan diskusi serta problem solving terhadap kendala yang dihadapi.

Diharapkan dengan acara ini para tamu dan peserta memahami tata cara pelaporan terbaru serta dapat dan bisa melakukan pemadanan NPWP ke NIK. Hal ini diperlukan bahwasannya dalam penggunaan aplikasi perpajakan nantinya dapat terintegrasi hanya menggunakan NIK.

 Foto Dokumentasi


Keterangan: Antusiasme para tamu dan peserta dalam mengikuti pelatihan.



Keterangan: Penyampaian Materi oleh Ketua Prodi Akutansi Alberta Esti Handayani, SE, Ak, MM di dampingi oleh Drs. Didik Tugas Suprianto, MM selaku Wakil Ketua Tax Center FEB Unitomo




Keterangan: 3 Foto diatas merupakan prosesi pendampingan dalam melakukan pemadanan NIK ke NPWP serta diskusi mengenai bagaimana pengisian SPT terbaru.