Talk Show Rumah UMKM



Talkshow Rumah UMKM yang diselenggarakan di Radio Mercury 96 FM yang membahas mengenai peranan Perguruan Tinggi dalam membentuk Young Entrepreneur. Rumah UMKM merupakan salah satu wadah pelatihan dan pembinaan UMKM kerjasama Kadin Surabaya dengan Radio Mercury FM. Kegiatan2 yang dilakukan di Rumah UMKM antara lain, pelatihan dan pembinaan UMKM secara gratis dengan menghadirkan para praktisi dan mentor yang berkecimpung di dunia UMKM, membantu UMKM untuk mempromosikan produknya secara gratis di Radio Mercury 96, dan kegiatan ini juga memfasilitasi untuk UMKM dapat display produk, kurasi produk untuk naik level.


Pada talkshow hari Rabu, 1 Januari 2023, Radio Mercury dan Rumah UMKM mengundang Ibu Dania, dosen teknologi pangan Universitas Dr. Soetomo, yang juga merupakan dosen pengampu MK Kewirausahaan di Universitas Dr. Soetomo, dan aktif sebagai instruktur UMKM, sebagai narasumber yang mengisi talkshow dengan tema Peranan Perguruan Tinggi dalam Membentuk Young Entrepreneur. Talkshow ini membahas mengenai langkah-langkah yang sudah dan akan dilakukan Universitas Dr. Soetomo untuk membentuk Young Entrepreneur, kendala-kendala yang dihadapi dalam membentuk young entrepreneur, dan bagaimana solusinya.


Ibu Dania menjelaskan bahwa selama ini Universitas Dr. Soetomo telah menjadikan MK Kewirausahaan menjadi MK yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa dan dimulai dari semester awal. Pada akhir tahun 2022, Universitas Dr. Soetomo telah mengadakan expo produk-produk mahasiswa yang menempuh MK Kewirausahaan. Produk-produk yang dijual adalah produk-produk produksi mahasiswa. Produk-produk pun dapat berupa produk makanan, minuman, baju, dsb. Kurikulum MK kewirausahaan yang telah dilakukan oleh Universitas Dr. Soetomo berdasarkan Busines Model Canvas, dimana mahasiswa diwajibkan untuk membuat produk dan menjalankan usahanya secara nyata. Produk dan bidang usaha yang akan digeluti pun sesuai dengan keinginan para mahasiswa. Tidak harus merupakan produk makanan / minuman. Untuk mahasiswa program studi Teknologi Pangan, ada MK Bisnis Pangan Kuliner yang diampu oleh Ibu Dania, yang mana MK ini bertujuan juga untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur dalam bidang kuliner. MK ini pun mewajibkan para mahasiswa memproduksi produk-produk kuliner dan menjalankan bisnis secara nyata termasuk mencoba mendapatkan investor.