Rektor Unitomo Lantik Prof. Sukesi sebagai Dekan FEB Periode 2022-2026




Kampus Kebangsaan dan Kerakyatan Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya melantik sembilan dekan dan 18 wakil dekan periode 2022-2026. Agenda ini berlangsung di Auditorium Ki Moh. Saleh Lantai V Gedung F kampus Unitomo Jalan Semolowaru, Surabaya, Senin (3/10).

Pelantikan dipimpin langsung Dr. Bachrul Amiq, SH, MH, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Cendekia Utama (YPCU) sebagai badan hukum penyelenggara Unitomo. Tiga di antara para dekan yang dilantik, merupakan wa­jah-wajah lama.

Dra. Cicilia Tantri Suryawati, M.Pd, yang mengikuti acara pelantikan via Zoom karena sedang berada di Jepang, tetap menjadi dekan Fakultas Sastra (FS), dan Dr. Harliantara masih mengemban sebagai dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), serta Miftahul Khairoh, SST, M.Kes juga masih sebagai dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes).

Mereka masing-masing didampingi Rahadiyan Duwi Nugroho, SS. M.Hum dan Cahyaningsih Puji Maharani SS. MSi sebagai wakil dekan 1 dan 2 di FS, Dra. Farida, MSi dan Yenny S.Sos, MSi sebagai wakil dekan 1 dan 2 di Fikom, serta Arkha Rosyaria Badrus SST MKes dan dr. Yustisia Amalia MM sebagai wakil dekan 1 dan 2 di Fikes.

Sedangkan di enam fakultas lain, formasi dekan diisi wajah-wajah baru. Ketua Pusat Studi Bencana dan Lingkungan (PSBL) Dr. Hendro Wardono, MSi dilantik sebagai dekan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA). Wakil Ketua Ikatan Ahli Bencana (IAB) Indonesia yang juga staf ahli Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini, didampingi Sri Rukminiati S.Sos MKP dan Drs. Andri Herawati, MM sebagai wakil dekan 1 dan 2.

Dr. Kejora Handarini, S.TP, MP dilantik menjadi dekan Fakultas Pertanian (FP) didampingi Ir. M. Tajudin Noor, MP dan Ir. Sumaryam, MSi sebagai wakil dekan 1 dan 2. Di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Dr. Muhajir, S.Ag, M.Ed dilantik menjadi dekan, didampingi Haerussaleh, S.Pd, M.Pd dan Ahmad Hatip, S.Pd, M.Pd sebagai wakil dekan 1 dan 2.

Prof. Dr. Sukesi, MM, yang belum lama dikukuhkan sebagai guru besar mendapat kepercayaan untuk menjabat sebagai dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) didampingi Dr. Bambang Raditya, MM dan Alvi Mulyaning Tyas SE, MM sebagai wakil dekan 1 dan 2.

Adapun di Fakultas Teknik (FT), mantan ketua UPT Informasi dan Teknologi, Dwi Cahyono, S. Kom. MT dilantik menjadi dekan didampingi Ir. Bambang Sujatmiko, MT dan Ir. Rudy Santosa, MT sebagai wakil dekan 1 dan 2.

Dekan Fakultas Hukum (FH) dipercayakan kepada Dr. Subekti, SH, MH, didamping Wahyu Prawesti, SH, MHum dan Dr. Nur Handayati, SH, MH sebagai wakil dekan 1 dan 2.

Selain dihadiri seluruh pejabat di lingkungan Unitomo, acara ini juga dihadiri kepala SMA dan SMP Dr. Soetomo, serta SMK Unitomo yang sama-sama berada di bawah naungan YPCU dan berlokasi di Taman Pendidikan Dr. Soetomo.

Dalam sambutannya, Rektor Unitomo Dr. Siti Marwiyah, SH, MH, berpesan agar para pejabat yang baru dilantik segera merapatkan barisan untuk mewujudkan Unitomo MAJU (Mandiri, Adaptif, Jejaring, dan Unggul) yang menjadi program universitas.

“Mari bersinergi melangkah bersama secara harmoni untuk Unitomo lebih baik,” pesan Iyat, panggilan akrab rektor wanita pertama Unitomo ini.

Di kesempatan yang sama, Ketua Pembina YPCU Prof. Dr. Eddy Yunus, ST MT., mengemukakan harapannya agar pejabat yang baru dilantik mampu mengemban amanah dengan baik sebagai dekan dan wakil dekan.

“Junjung tinggi kejujuran dan tanggung jawab untuk selalu bersinergi dengan jajaran yang lain guna mewujudkan Unitomo MAJU,” pungkasnya.