Program Magang Mahasiswa Sastra Jepang di Museum Mpu Tantular


๐— ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ฏ๐—ฑ๐—ถ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐˜†๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐˜.

๐— ๐—ฒ๐—ป๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐˜๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—บ๐—ฝ๐˜‚๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ถ๐—ฟ๐—ถ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ต๐—ฒ๐—ฏ๐—ฎ๐˜.

Mahasiswa Magang Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) mengadakan kegiatan pengenalan Huruf Jepang โ€œKanjiโ€ melalui Kesenian Jepang โ€œShodouโ€ kepada pengunjung Museum Mpu Tantular. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa SMP AS-Sakinah yang berkunjung ke museum. Mengingat bahwa bahasa merupakan sarana komunikasi, Sehingga belajar Bahasa sangat penting dikenalkan, Baik bahasa ibu, bahasa daerah, bahasa Indonesia, dan bahasa asing termasuk bahasa Jepang.

Kegiatan diawali dengan mengenalkan huruf Kanji kepada siswa, selanjutnya mempraktekkan penulisan huruf kanji Getsu/Tsuki (ๆœˆ) yang memiliki arti bulan. Shodou yang merupakan seni kaligrafi Jepang, berbeda dengan kaligrafi Arab yang menggunakan pena Qalam, Shodou menggunakan kuas atau fude sebagai alat untuk menulisnya. Selain itu, terdapat juga berbagai perlengkapan lain seperti sumi, washi, suzuri, shitajiki dan lain sebagainya.


proses pembelajaran bagi anak-anak menjadi tantangan bagi dunia Pendidikan. Sebagai Lembaga yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat, museum memiliki peran sebagai sumber belajar dan sarana Pendidikan karakter bagi masyarakat khususnya anak-anak usia sekolah.


Selain itu pada Program Magang Mahasiswa Prodi Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Dr. Soetomo ini juga mengenalkan beberapa kebudayaan jepang seperti Shoudo dan juga memasak masakan Jepang.

๐—ž๐—ฒ๐—ด๐—ถ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—บ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐˜€๐˜„๐—ฎ ๐—ฆ๐—ฎ๐˜€๐˜๐—ฟ๐—ฎ ๐—๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜€๐—ฒ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฑ๐—ถ ๐— ๐˜‚๐˜€๐—ฒ๐˜‚๐—บ ๐— ๐—ฝ๐˜‚ ๐—ง๐—ฎ๐—ป๐˜๐˜‚๐—น๐—ฎ๐—ฟ.

Jl. Raya Buduran - Jembatan Layang, Bedrek, Siwalanpanji, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.