Praktikum Klimatologi


Kamis, 22 Desember 2022, mahasiswa Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Dr Soetomo melakukan praktikum pengenalan lapang Mata Kuliah Klimatologi di BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Jawa Timur, Karangploso, Malang. Mahasiswa jurusan perikanan yang melakukan praktikum pengenalan lapang terdiri dari Program Studi Budidaya Perairan, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Agribisnis Perikanan yang didampingi oleh Wakil Dekan I (Ir. Tajuddin Noor, MSi) dan dosen pengampu mata kuliah (Gilang Rusrita Aida, S.Pi, M.Si).

Kegiatan praktikum pengenalan lapang mahasiswa Fakultas Pertanian Unitomo ini sangat disambut baik oleh BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Jawa Timur, Karangploso, Malang. Bapak Lutfi sebagai perwakilan BMKG yang menyambut kegiatan ini menyatakan bahwa BMKG sangat senang mahasiswa Unitomo bisa melaksanakan Kembali praktikum lapang ke BMKG karena memang selama pandemic covid-19 semua kegiatan haampir dilaksanakan secara online. Dengan adanya praktikum lapang ini, mahasiswa bisa mengetahui secara langsung alat-alat yang digunakan BMKG dalam pengukuran unsur-unsur iklim.


Mahasiswa sangat antusias dalam melakukan praktikum ini. Mereka dipandu oleh dua instruktur yang menerangkan masing-masing fungsi alat pengukuran unsur-unsur iklim yang ada di taman alat BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Jawa Timur, Karangploso, Malang. Selain alat-alat yang digunakan dalam pengukuran unsur-unsur iklim, mahasiswa juga diajak ke ruang pengolahan data-data unsur iklim sebelum disampaikan ke BMKG Pusat. Praktikum ini diakhiri melalui foto bersama antara Pak Lutfi, dua instruktur BMKG, dosen pendamping dan mahasiswa jurusan perikanan Fakultas Pertanian Unitomo.