PMM Unitomo Salurkan Kontribusi Sosial Lewat Tanam Mangrove



Sabtu (03/12), Sejumlah mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar kegiatan konstribusi sosial dengan tema “Peduli Lingkungan terhadap Perubahan Iklim”. Bertempat di Ekowisata Mangrove Wonorejo, egiatan yang dikawal langsung oleh Sayyidatul Khoiridah, Dosen Pembimbing Modul Nusantara ini memberikan konstribusi sosial dengan menanam mangrove. "Selain bisa berkonstribusi untuk lingkungan, kegiatan ini bisa menambah wawasan mahasiswa PMM terkait pohon mangrove serta bagaimana cara menanam mangrove yang baik dan benar", ujarnya yang juga dosen Prodi S1 Teknik Geomatika Fakultas Teknik (FT) ini.

 

Sementara itu, Ainul Kurnia, salah satu mahasiswa PMM mengaku senang bisa memberikan kontribusi nyata ke masyarakat dengan cara tanam mangrove. "Dari perjalanannya pun menyenangkan, karena untuk menuju lokasi tanam mangrove kita bisa menyusuri sungai dengan menaiki perahu. Selama di Surabaya, saya baru di sini melihat ada tempat di Surabaya yang banyak pohonnya dan lingkungannya masih asri. Ini benar-benar harus kita jaga”, kata mahasiswa asal Universitas Musamus Merauke ini.

 

Ainul menambahkan, kegiatan kali ini menanam jenis Rhizophora Mucronata di Ring 1 pesisir pantai Ekowisata Mangrove Wonorejo. Mangrove jenis ini memiliki batang dan akar tunjang yang bercabang serta dapat mencapai tinggi 4 – 30 meter. "Jenis tanaman ini sendiri merupakan spesies bakau yang sering ditemukan di pantai dan tepi sungai kawasan Indo-Pasifik, bahkan di Afrika Timur. Ekosistem hutan mangrove sendiri mempunyai banyak manfaat, salah satunya dapat melindungi pantai dari erosi akibat ombak yang menerjang daratan secara langsung.

 

Lebih lanjut Ainul menjelaskan, mangrove juga berfungsi untuk mitigasi perubahan iklim karena mempunyai kemampuan menyimpan karbon melalui penyerapan biologis CO2 dan menyimpan karbon di dalam tanah. “Kami sangat antusias mengikuti kegiatan konstribusi sosial ini. Semoga konservasi dan rehabilitasi dengan menanam mangrove memberikan dampak positif bagi ekosistem pantai Wonorejo Surabaya", pungkasnya.

 

Sebagai informasi, sebelum penanaman mahasiswa diberi pengarahan oleh pemandu wisata yang ada di sana. Mahasiswa diberi pengarahan terkait cara menanam mangrove dan manfaat mangrove untuk pesisir pantai. Selesai pengarahan ada sesi tanya jawab dengan pemandu wisata.