Lulus Kuliah Teknik Sipil Kerja Apa?


Pada umumnya sarjana Teknik Sipil bekerja di berbagai perusahaan konstruksi untuk merencanakan, mengawasi pelaksanaan, dan mengevaluasi berbagai proyek konstruksi seperti membangun gedung, jembatan, jalan raya, dan bendungan, bandara, dan bangunan lainnya. Demikian juga dengan alumni Teknik Sipil Unitomo. Mereka banyak bekerja di berbagai bidang konstruksi di seluruh Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara.

Bapak Ir. Nanang Handono Prasetyo, MT, IPU adalah salahsatu alumni Prodi Teknik Sipil Unitomo, lulusan tahun1993. Saat ini beliau bekerja sebagai ASN di Kementerian PUPR dengan Jabatan fungsional Utama Jalan dan Jembatan sebagai Direktur Kompetensi dan Produktifitas Konstruksi. Tentu tidak mudah masuk dan membangun karir di Kemeterian PUPR. Namun dengan mental dan kompetensi yang beliau bangun, bisa bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain.  Pesan beliau untuk mahasiswa, "Fakultas Teknik unitomo tidak hanya memberi materi teori ilmu teknik sipil, tapi juga menyiapkan mahasiswa untuk bisa bekerja sesuai Kompetensinya sebagai calon tenaga kerja konstruksi Indonesia."

Kemudian ada juga Mas Belpas Hadiyanto, S.T. alumni Prodi Teknik Sipil tahun 2001. Mas belpas merupakan mantan aktivis kampus yang mengikuti banyak kegiatan kemahasiswaan di kampus. Menurut Mas Belpas, membangun mental, rasa percaya diri, dan bekerja dalam tim, bisa dilatih melalui kegiatan kemahasiswaan di kampus. Saat ini Mas Belpas bekerja sebagai HSES Manager (HSES Department Head) di PT. Kalimantan Aluminium Industry (Subsidiary Adaro Energy Group). HSES singkatan dari Health Safety Environment Security. Menurut Mas Belpas, Unitomo itu sebagai kawah candradimuka tempat mendapatkan ilmu teknis dan pengalaman berorganisasi serta leadership sebagai bekal mencapai posisi saat ini. Saat ditanya apa kiat sukses, Mas Belpas menjawab, "Jadi mahasiswa harus terus-menerus menempa diri mencari bekal terbaik untuk pribadi, baik secara akademis (keilmuan) maupun organisasi (Leadership). Dan gunakan segala sumber dan fasilitas di Unitomo, baik sarana prasarana dan lembaga organisasinya. Percaya dan yakinlah pada kemampuan diri sendiri, niscaya kalian akan berada dipuncak."

Berikutnya ada Mas Iwan Supriyanto, ST alumni Prodi Teknik Sipil angkatan 1992. Saat ini Mas Iwan bekerja sebagai Technical/Operation Director di PT. Griya Indah Prakarsa (autoclaved aerated concrete panel & block), sebuah join venture antara Salim Group dan Indocement. Menurut Mas Iwan, untuk sukses itu diperlukan fokus dan tekuni pada satu bidang ilmu, sehingga kita akan menjadi ahlinya di bidang itu. "Kesan selama kuliah di Teknik Sipil Unitomo cukup menyenangkan, untuk kondisi di 1992 menurut saya Unitomo sudah cukup baik dan kompetensi dosen yg bagus," ujar Mas Iwan sambil mengenang masa-masa kuliah dulu.

Bagaimana? Sudah punya gambaran kuliah di Prodi Tekni Sipil akan bekerja menjadi apa dan di mana? Saran dan nasihat alumni Prodi Teknik Sipil di atas pasti sangat berguna bagi Anda yang sedang maupun akan kuliah.