Kuliah di Fakultas Teknik Unitomo Bisa Menjadi Anggota Dewan?


Bila ada pertanyaan apakah kuliah di Fakultas Teknik bisa bekerja di pemerintahan atau menjadi anggota dewan, maka jawabanya bisa iya bisa tidak. Tentu saja tergantung kesempatan dan usaha. Namun faktanya, ada banyak alumni Fakultas Teknik yang saat ini menjadi anggota DPRD di kota/kabupaten maupun di provinsi. Ini karena sarjana teknik memiliki kemampuan problem solving secara sistematis dan terstruktur yang pasti dibutuhkan untuk memecahkan masalah masyarakat.

Periode lalu ada Mbak Rini Kartika, ST. alumni Prodi Teknik Sipil yang menjadi anggota DPRD kabupaten di Kalimantan sana. Kemudian ada Mas Benediktus Nurdin, ST. alumni angkatan 2009 Prodi Teknik Sipil yang menjadi Anggota DPRD Kab. Manggarai Barat-NTT (Kota Labuan Bajo). Saat ini beliau menempati posisi sebagai Ketua Fraksi Nasdem dan Ketua Komisi 2 merangkap Ketua Badan Anggaran.  Saat ditanya bagaimana kiat sukses kuliah dahulu, beliau berpesan kepada mahasiswa adik-adik kelasnya untuk a. Menghargai waktu, b. Ikut berorganisasi di kampus, c. Rajin membaca literasi, d. Konsisten mengerjakan tugas, dan e. Pandai membagun relasi baik dengan dosen dan banyak diskusi. Kemudian beliau juga menyampaikan kesan selama kuliah di Unitomo, "Unitomo adalah Kampus kebanggaan orang timur karena sangat mengahargai perbedaan suku, agama, dan golongan. Saya bangga jadi  alumni unitomo karena sangat nyaman."

Selain Mbak Rini dan Mas Nurdin, ada juga Mas Zulkifli H Umar, ST.MT yang merupakan alumni Prodi Teknik Sipil angkatan 1992, menjadi anggota DPRD Provinsi Maluku Utara  beberapa periode dan saat ini menempati posisi sebagai ketua Komisi III yang membawahi bidang Keuangan dan Kekayaan Daerah; Prasarana Transportasi dan Sumber Daya Air; Perencanaan Pembangunan; dan Penanaman Modal. Ilmu sebagai sarjana Teknik Sipil pasti sangat bermanfaat dalam bertugas sebagai anggota dewan. Pesan beliau kepada mahasiswa adik-adik kelasnya kiat sukses kuliah : a. Atur waktu sebaik mungkin antara aktifitas perkuliahan dan kegiatan intra kampus, b. Fokus yang sulit maka yang mudah akan ikut dengan sendiri, dan c. Berkelompok dengan teman-teman yang punya tujuan/cita-cita sama agar saling memberi semangat.

Selain alumni prodi Teknik Sipil, alumni prodi Teknik Informatika juga ada yang menjadi anggota DPRD beberapa periode, yaitu Mas Riswanto, S.Kom.,M.I.Kom alumni angkatan 2002 yang saat ini menjadi anggota komisi B (Bidang Perekonomian dan Keuangan) di DPRD Kota Surabaya. Pola pikir, pengetahuan, dan keterampilan sebagai seorang sarjana, dapat berguna dalam melaksanakan tugas dan pengabdian sebagai anggota dewan. Terbukti kan kalau kuliah di Fakultas Teknik Unitomo juga bisa menjadi anggota dewan.