Kouryuukai 2021


 

Pada hari Rabu tanggal 6 Oktober 2021, Fakultas Sastra Unitomo, khususnya Sastra Jepang mengadakan acara tahunan yang disebut dengan Kouryuukai. Kouryuukai merupakan acara yang diselenggarakan oleh program studi Sastra Jepang Unitomo dengan Universitas Setsunan yang rutin diadakan dua sampai tiga kali dalam setahun. Kouryuukai juga merupakan pengganti dari kegiatan Ryuugaku tahunan pada masa pandemi. Kegiatan Kouryuukai sendiri yaitu mengumpulkan mahasiswa Unitomo dan Universitas Setsunan ke dalam satu ruangan Zoom dengan didampingi oleh satu pendamping dari masing-masing Universitas. Di sana mereka akan dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian berbincang-bincang mengenai hal umum, budaya masing-masing negara, maupun hal yang disuka.

 

 

Kouryuukai pada bulan Oktober ini sedikit berbeda. Didampingi oleh Ibu Kazumi Inoue dan Pak Takao Urano, masing-masing dari mahasiswa Unitomo maupun Universitas Setsunan mempersiapkan sebuah PPT untuk mempresentasikan kondisi atau situasi di kota tempat tinggal mahasiswa pada masa pandemi. Di sini mahasiswa Unitomo diharuskan untuk berbicara dalam bahasa Jepang sedangkan mahasiswa Universitas Setsunan menggunakan bahasa Indonesia.

Diawali dengan mahasiswa Universitas Setsunan yang menjelaskan situasi kota Osaka saat ini. Beberapa tempat seperti stasiun, taman, toko, tempat makan, sampai area kampus dipaparkan dengan baik. Beralih ke mahasiswa Unitomo, kelompok 3 nensei (tahun ketiga) menjelaskan tentang awal mula Covid-19 masuk ke Indonesia kemudian dilanjutkan dengan pemaparan suasana tempat umum seperti jalan raya atau mall di Surabaya yang sempat dibatasi dan ditutup sementara akibat PPKM yang dilengkapi dengan video suasana salah satu mall yang berada di Surabaya.

 

 

Baik dari mahasiswa Unitomo maupun Universitas Setsunan mempresentasikan kota masing-masing dengan baik. Pada sesi tanya jawab pun, beberapa mahasiswa dari kedua belah pihak cukup aktif menanyakan hal-hal umum yang terjadi saat ini di Jepang maupun Indonesia.