Georeff #7, Tiga Mahasiswa Bandingkan Data LiDAR dengan Foto Udara


Kampus boleh libur, tetapi semangat belajar dan mengembangkan keilmuan jalan terus. Hal ini yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Geomatika hari ini Rabu (28/12/2022) dari pukul 10.00 sampai 13.00 WIB. Georeff seri 7 tetap dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom dari rumah masing-masing dosen dan mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut, Zidam Firmansyah, Paul Valen Wadja, dan M. Rendy Lauranda mempresentasikan hasil kerja praktek mereka dengan judul, "Analisis Perbandingan Data LiDAR (Light Detection and Ranging) dengan Foto Udara dalam Bentuk Kontur”. Pelaksanaan kerja praktek mereka juga dilakukan saat libur semester genap 2021 – 2022 kemarin. LiDAR (Light Detection and Ranging) merupakan perangkat atau sistem yang dapat dipakai pada kegiatan survei yang menggunakan metode penginderaan jauh aktif. Secara teknis, perangkat ini memanfaatkan cahaya dalam bentuk pulsa-pulsa sinar laser untuk mengukur jarak terhadap objek di permukaan bumi. Sistem pada LiDAR mengintegrasikan 3 teknologi lainya, yaitu: Laser, GNSS, dan INS. Ketiganya dapat menghasikan model-model ketinggian digital yang akurat.

LiDAR memiliki kecepatan tinggi untuk mengukur permukaan bumi dengan laju pengambilan sampel data lebih besar dari 150 kilohertz (150.000 pulsa per detik). Hasilnya berupa kumpulan titik awan (points cloud) yang tergeoreferensi dan menghasilkan representasi tiga dimensi (3D) dari permukaan bumi dan objek-objek diatasnya. Hasil analisis dari perbandingan tersebut berupa peta kontur yang diekstrak dari data LiDAR. Pada bagian akhir,  Zidam Firmansyah, Paul Valen Wadja, dan M. Rendy Lauranda mendapatkan kesimpulan bahwa LiDAR jauh lebih cepat daripada menggunakan perangkat pemetaan terestris  konvensional dalam akuisisi data dan pengukuran di lapangan.

Demikian keseruan Prodi Teknik Geomatika dalam mengisi hari Libur Natal dan Tahun Baru dengan tetap semangat keilmuan yang tinggi. Bravo Zidam Firmansyah, Paul Valen Wadja, dan M. Rendy Lauranda. Kalian bertiga keren!