Eh Kuliah di Fakultas Teknik Unitomo Bisa Bekerja di Bank Juga


Apakah kuliah di Fakultas Teknik Unitomo bisa bekerja di bank juga? Oh tentu saja. Perusahaan jasa keuangan seperti bank tidak selalu memiliki pegawai dari latar belakang ekonomi saja. Bahkan hampir dari semua bidang, dapat bekerja di bank. Sarjana Teknik Sipil dan Teknik Informatika juga bisa bekerja di bank sesuai kebutuhan mereka. Sarjana Teknik Sipil dibutuhkan oleh bank untuk kegiatan investasi dan loan dalam berbagai proyek infrastruktur. Sedangkan sarjana Teknik informatika juga dibutuhkan untuk mengelola teknologi informasi dan sistem informasi perbankan yang saat ini bertumpu pada penggunaan teknologi informasi.

Beberapa alumni yang tercatat pernah dan sedang bekerja di bank adalah Mas Djuwadi, S.Kom., Eko Siswodiono, S.Kom, Didik Rochmad Purwadi, S.Kom, Fakhrizal Dzuhri, S.Kom, dan masih banyak lainnya. Pengetahuan, dan keterampilan mereka sebagai sarjana, ditambah perilaku dalam bekerja yang baik, membuat mereka dapat bekerja dan bersaing dengan lulusan kampus lain.

Berikut profil alumni Fakultas Teknik yang bekerja di perbankan saat ini:

Dimulai dari Mas Djuwadi, S.Kom, merupakan alumni angkatan 1992 dari Prodi Teknik Informatika Unitomo yang saat ini bekerja sebagai asisten manager di sebuah bank swasta terbesar di Indonesia. Awalnya bekerja sebagai tenaga teknologi informasi, namun berikutnya karirnya terus naik hingga menempati posisi sebagai asisten manager.  Menurut Mas Djuwadi kiat sukses kuliahnya adalah belajar dengan tekun dan banyak berdoa memohon pertolongan Allah. Sedangkan kesan Mas Djuwadi dengan kampus almamaternya adalah, "Walau saat itu fasilitas sangat minim, tetapi tetap mampu mencetak lulusan yg kredibel."

Berikutnya ada Mas Didik Rochmad Purwadi, S.Kom alumni Prodi Teknik Informatika Unitomo angkatan 1997. Saat ini Mas Didik bekerja sebagai BMMM (Branch Manager Mikro Marketing) sebuah bank swasta nasional. Hal yang cukup menarik adalah pesan yang disampaikan Mas Didik untuk adik-adik kelasnya adalah, "Untuk mahasiswa dan calon Mahasiswa jangan ragu untuk segera bergabung di Universitas Dr.Soetomo. Tidak masalah Anda lulusan kampus swasta atau negeri. Untuk sukses di era persaingan global yang begitu ketat, memerlukan sikap disiplin, semangat pantang menyerah, kematangan emosional, pengetahuan, keterampilan, dan mampu untuk cepat beradaptasi. Kesuksesan itu ditentukan oleh skill yang Anda miliki. Jangan takut untuk berinovasi dan terus semangat untuk belajar. Kalian harus bangga karena dosen-dosen di Prodi Teknik Informatika akan membimbing dengan baik. Para dosen merupakan orang-orang pilihan yang mendidik kami, sehingga bisa menduduki posisi yang strategis di Perusahaan. Anda juga pasti BISA!"

Kemudian ada Mas Eko Siswodiono, S.Kom, alumni Prodi Teknik Informatika Unitomo tahun 2006. Mas Eko merupakan aktivis kemahasiswaan di kampus. Menurut Mas Eko, pengalamannya sebagai seorang aktivis kampus sangat membantu untuk bisa eksis di tempat kerja. Awalnya Mas Eko bekerja di sebuah cabang bank swasta di Sidoarjo, namun saat ini memilih untuk menjadi pengusaha properti dan menjadi direktur dari perusahaan yang didirikannya. Kiat sukses kuliah Mas Eko ini cukup sederhana, yaitu "Manut sama dosen dan Senior pasti Sukses." Sedangkan kesannya selama kuliah, mas Eko menyampaikan kalau Unitomo itu merupakan kawah Candradimuka untuk penempaan agar menjadi pribadi yang bermental yang tangguh.

Terakhir ada juga Mas Fakhrizal Dzuhri, S.Kom, alumni Prodi Teknik Informatika tahun 2003. Saat ini mas Fakhrizal bekerja sebagai Senior Manager – Application Security Services (CISO) di PT. Bank Mandiri, setelah sebelumnya melanglang buana bekerja di beberapa perusahaan telekomunikasi nasional. Pesan Mas Fakhrizal untuk adik-adik kelasnya para mahasiswa adalah, "Ketika kamu fokus pada masalah, maka kamu akan mendapatkan lebih banyak masalah. Ketika kamu berfokus pada kemungkinan, maka kamu akan mendapatkan lebih banyak kesempatan." Demikian beberapa alumni sukses Fakultas Teknik Unitomo, yang saat ini berkiuprah di berbagai bidang. Salahsatunya adalah bidang perbankan -- gudangnya uang. Wow.