BEDAH BUKU ADMINISTRASI PEMBANGUNAN KOMTEMPORER di Era Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0 (FIA Unitomo Dr. Soetomo - Politeknik STIA LAN Bandung - Universiti Utara Malaysia)


Kamis (21/7), melalui pertemuan virtual zoom meeting, Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) adakan Bedah Buku bersama Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara (STIA LAN Bandung) dan Universiti Utara Malaysia (UUM). Kegiatan ini membahas “Administrasi Pembanggunan Kontemporer di Era Industri 4.0 Dan Masyarakat 5.0” khususnya pada program studi Ilmu Administrasi. Dibuka oleh Rektor Unitomo dan Wakil Direktur STIA LAN Bandung, acara dihadiri 200 lebih partisipan.


Dalam sambutan, Rektor, Siti Marwiyah menyampaikan kerjasama FIA Unitomo dengan STIA LAN dan UUM yang sudah lama, berharap bisa dipertahankan dan dikembangkan untuk saling menambah kualitas antar instansi. "Dengan saling bersinergi seperti ini akan saling memajukan kualitas masing-masing instansi", ujar Doktor Bidang Hukum Tata Negara ini. Sementara, Wakil Direktur Bidang Administrasi Umum STIA LAN, Ely Sufianti, menyambut baik keinginan rektor dalam sinergitas mengembangkan lembaga. "Hubungan kerja sama kami sudah lama terjalin dengan Unitomo & UUM. Kami setuju hal baik tersebut", papar Ely.

Bersamaan dengan berkembangnya industri 4.0, guna menunjang proses tersebut, juga mulai berkembang komunitas masyarakat 5.0. Masyarakat 5.0 lahir sebagai hasil kolaborasi antara cyberspace (dunia virtual) dan physical space (dunia nyata). Kehadiran mesin canggih mungkin akan memberi risiko bagi masa depan manusia, karenanya, jika tidak ada antisipasi tepat, manusia dapat mengalami ketergantungan terhadap teknologi. Padahal semua teknologi harus dibuat untuk kebaikan manusia serta untuk kehidupan yang lebih baik. Masyarakat 5.0 merujuk pada transformasi lengkap dan kompleks dari cara hidup masyarakat yang berpusat pada manusia melalui basis teknologi. Konsep masyarakat 5.0 lahir sebagai tanggapan atas industri 4.0 yang dinilai berpotensi mendegradasi peran manusia.

Secara garis besar, berkembangnya era industri 4.0 dan mulai berkembangnya komunitas masyarakat 5.0 juga berdampak secara signifikan terhadap administrasi pembangunan. Hal ini kemudian ditandai dengan adanya reformasi administrasi di segala lini yang bersifat sistemik guna mengefisiensikan kinerja organisasi, terutama dalam lingkup tata kelola pemerintahan.

Oleh karena itu, buku ini menjawab semua permasalahan di atas karena menyajikan pembahasan “Administrasi Pembangunan Kontemporer di Era Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0” baik secara teori maupun perkembangannya, sehingga diharapkan mampu membantu para akademisi untuk mendalami pengetahuan mengenai hal tersebut. Kemudian, bagi praktisi, buku ini dijadikan sebagai pedoman dalam rangka pengembangan “Administrasi Pembangunan Kontemporer di Era Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0”. Selain itu, buku ini menyajikan konsep-konsep terbaru dan juga perkembangan terbaru seputar reformasi administrasi di era industri 4.0 dan masyarakat 5.0. Hal ini dimaksudkan agar para pembaca mempunyai rujukan dalam pengembangan administrasi pembangunan. semoga buku ini bisa bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi khalayak yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai buku “Administrasi Pembangunan Kontemporer di Era Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0” secara teori dan perkembangannya.