Alumni Fakultas Teknik yang Menjadi Dosen di Berbagai PTN dan PTS di Seluruh Nusantara


Apa yang membanggkan bagi sebuah kampus dari alumninya? Tentu saja bila alumni yang dilahirkan dari almamater Unitomo ini dapat bermanfaat dan menebar manfaat bagi masyarakat. Demikian juga dengan alumni Fakultas Teknik Universitas Dr. Soetomo. Tercatat cukup banyak lulusan dari Prod Teknik Sipil dan Prodi Teknik Informatika yang menjadi dosen di berbagai kampus. Berikut daftarnya.

  1. Gabriel Jose Posenti Ghewa, S.T., M.T.
  2. Herry Hermawan, S.Kom, M.Cs.
  3. Tri Kustanti Rahayu, S.Kom., M.Kom
  4. Tri Suris Lestari, S.Kom., MM
  5. Ir. I Wayan Karang Utama,S.Kom.,M.Kom.,IPM
  6. Dessy Santi, S. Kom., MT
  7. Reny  Wahyuning Astuti, S. Kom, M.Kom

Gabriel Jose Posenti Ghewa, S.T., M.T. biasa dipanggil Mas Gabriel merupakan seorang dosen muda berbakat di Prodi Teknik Sipil UNIKA Soegijapranata. Setelah lulus dari Prodi Teknik Sipil Unitomo tahun 2016, Mas Gabriel melanjutkan studi S2 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Saat kuliah di Unitomo, Mas Gabriel merupakan aktivis mahasiswa yang aktiv di berbagai kegiatan kemahasiswaan. Kepribadian yang ramah, bakat, dan kemampuannya dalam bidang musik, membuatnya memiliki pergaulan yang luas. Saat ditanya kesannya kuliah di Prodi Teknik Sipil Unitomo, Mas Gabriel menyampaikan kalau kuliah di Unitomo itu praktis dan tidak ribet. Dosen-dosennya sangat bersahabat dan membantu proses pembelajaran maupun administrasi dalam persiapan tugas akhir dan bimbingan.

Herry Hermawan, S.Kom, M.Cs. merupakan alumni Prodi Teknik Informatika angkatan pertama tahun 1992. Setelah lulus, Mas Herry kembali ke Kalimantan dan salah satu profesi yang ditekuninya sebagai dosen di Manajemen Informatika Politeknik Muara Teweh Barito Utara. Kemudian tahun 2019, Mas Herry terpilih sebagai komisioner KPU Barito Utara Kalimantan Tengah.

Tri Kustanti Rahayu, S.Kom., M.Kom merupakan alumni dari Prodi Teknik Informatika yang saat ini mengabdikan diri sebagai dosen di Universitas Musamus Merauke yang saat ini menjadi ibukota Provinsi Papua Selatan. Setelah lulus dari Prodi Teknik Infirmatika Unitomo, Mbak Tri Kustanti melanjutkan pendidikan magisternya di program Magister Sistem Informasi Universitas Dipenogoro Semarang.  Mbak Tri Kustanti menyampaikan pesan bagi mahasiswa bagaimana kiat sukses kuliah, yaitu  aktif di kelas maupun organisasi , pelajari dulu materi sebelum kuliah di kelas, dan bergaul dengan teman-teman yang sama positifnya. Sedangkan kesan selama kuliah di unitomo, Mbak Tri Kustanti menyampaikan kalau Unitomo tempat kuliahnya nyaman, fasilitas lab praktikum dan ruang kelas lengkap dan nyaman,  dan dosennya  komunikatif mendukung dan mengarahkan mahasiswa untuk berkembang.

Tri Suris Lestari, S.Kom., MM atau Mbak Suris merupakan alumni Prodi Teknik Informatika angkatan 1997 yang paling sibuk. Selain menjadi dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ( STIE ) Oemathonis Kupang, Mbak Suris juga menjadi pimpinan di Lembaga Pelatihan Ekklesia Komputer. Saat ini juga menjabat sebagai Ketua Komite Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja (Ketua KA-LPK Prov NTT) Periode 2021-2024. Kemudian Mbak Suris menyampaikan kesannya saat kuliah di Unitomo, "Waktu Saya kuliah di Unitomo Saya sedang bekerja sebagai SPG di Perusahaan Garment di Jakarta. Karena Saya Kerja jadi Saya ambil kelas Sore. Pembelajaran sangat menyenangkan dan Dosen-dosennya semua Baik." Mbak Suris berpesan kepada mahasiswa bagaimana bisa sukses lulus kuliah, "Selain belajar di kampus mau tidak mau Kita harus belajar di luar kampus untuk menambah pengetahuan. Oh iya, jangan lupa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan Dosen pasti dech kalian akan berhasil."

Ir. I Wayan Karang Utama,S.Kom.,M.Kom.,IPM atau Bli Wayan, merupakan alumni angkatan pertama tahun 1992 Prodi Teknik Informatika sama seperti Mas Herry yang saat ini menjadi komisioner KPU. Bli Wayan selain menjadi dosen di Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, juga memiliki usaha dengan mendirikan perusahaan dan menjadi direktur CV. Natama Enterprise yang bergerak dalam bidang perdagangan komputer dan elektronik. Pada kesempatan ini, Bli Wayan menyampaikan pesan kepada mahasiswa agar sukses kuliah sebagai berikut, "Belajar dengan senang terutama terkait dengan minat dan bakat, mengumpulkan tugas tepat waktu, membangun relationship untuk masa depan."

Dessy Santi Jaeng, S. Kom., MT merupakan alumni Prodi Teknik Informatika angkatan 2001. Saat ini Mbak Dessy menjadi dosen di sebuah PTN di Sulawesi Tengah. Tepatnya di Prodi Teknik Informatika Universitas Tadulako (UNTAD). Pendidikan magisternya ditempuh di Magister Teknik Elektro Universitas Hasanuddin Makassar pada konsentrasi Teknik Informatika. Saat ini sedang menempuh pendidikan doktoralnya di kampus yang sama.  Saat ditanya tentang kesannya selama kuliah, Mbak Dessy menjawab, "Saya sangat senang bisa kuliah di kampus Unitomo. Di sini, saya mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengalaman dari bapak/bu dosen maupun teman-teman. Lingkungan kampus yang  nyaman. Selain itu, fasilitasnya pun juga lengkap sehingga sangat mendukung dalam proses belajar." Sedangkan pesannya kiat sukses kuliah untuk adik-adik mahasiswa cukup singkat. Mbak Dessy mengatakan, ""Kuncinya adalah disiplin dan berkomitmen."

Setelah Jawa, Kalimantan, Papua, NTT, Bali, dan Sulawesi, ternyata ada juga alumni prodi Teknik Informatika yang menjadi dosen di Sumatera. Namanya Reny  Wahyuning Astuti, S.Kom., M.Kom. Mbak Renny merupakan alumni yang lulus tahun 2002, yang saat ini menjadi dosen di Universitas Nurdin Hamzah Jambi, dan menjabat sebagai Kaprodi Teknik Informatika.  Mbak Renny menyampaikan kiat sukses kuliahnya, "Selalu on time hadir kuliah, kalau bisa duduk di depan biar ilmunya cepat sampai, caper dengan dosen dengan selalu kerjain tugas, mengatur jadwal kuliah sebaik mungkin agar tidak keteteran kuliah apalagi buat yang memutuskan ikut UKM, melengkapi proses kuliah dengan alat-alat penunjang kuliah seperti modul kuliah, bahan ajar atau komputer, dan banyak berteman dengan kakak kelas, supaya dapat bocoran ilmu."

Sebenarnya ada beberapa lagi alumni Fakultas Teknik yang menjadi dosen di PTN maupun PTS. tentu saja Fakultas Teknik Unitomo bangga dengan pencapaian dan kiprah mereka semua untuk menebar manfaat dan turut serta mencerdasakan kehidupan bangsa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi mahasiswa dan calon mahasiswa yang akan kuliah.