Unitomo Wisuda 866 Lulusan D3, S1 dan S2 - Anak Tukul Arwana Raih Gelar Magister Hukum


Kampus Kebangsaan dan Kerakyatan Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Sabtu (29/09) mewisuda 866 lulusan program D3, S1 dan S2. Masing-masing dari Fakultas Ilmu Administrasi 141 orang, Fakultas Pertanian 25 orang, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan 116 orang,  Fakultas Ekonomi & Bisnis 296 orang, Fakultas Teknik 31 orang, Fakultas Sastra 49 orang, Fakultas Ilmu Komunikasi 97 orang, Fakultas Hukum 91 orang, serta Fakultas Ilmu Kesehatan 20 orang.              

Acara berlangsung di Dyandra Convention Center Jalan Basuki Rahmad Surabaya dipimpin rektor, Dr. Bachrul Amiq, SH, MH. Dalam sambutannya, Bachrul Amiq antara lain menyampaikan pesan tentang perlunya para wisudawan terus meningkatkan kompetensi agar bisa bersaing di dunia kerja.              

Keberadaan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Unitomo yang kini berhak melakukan asesmen dan mengeluarkan sertifikasi atas 24 skema kompetensi sehingga menjadi LSP perguruan tinggi dengan jumlah skema kompetensi terbanyak di Jawa Timur, menjadikan pelaksanaan wisuda kali ini terasa agak istimewa. "Hampir semua wisudawan dari semua program studi yang ada di Unitomo, sudah menempuh sertifikasi dan dinyatakan kompeten oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Unitomo sebagai kepanjangan tangan Badan Nasional Sertikasi Profesi dalam menilai kompeten tidaknya seseorang dalam suatu bidang kerja", ujar Bachrul Amiq.              

Namun begitu, tambah Amiq, upaya untuk terus meningkatkan kompetensi harus terus dilakukan. "Di bidang apa pun nanti anda akan berkiprah, meningkatkan kompetensi harus menjadi ikhtiar anda sepanjang hidup", demikian pesannya.              
Terpilih sebagai wisudawan terbaik untuk program D3 Silvia Ningrum dari Program Studi Kesekretariatan dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,75, serta Dwi Indah Kartika dari program studi Sastra Inggris dengan IP Kumulatif 3,92 untuk program S1. Sedang untuk program S2, Drajad Irawan dari program studi Magister Ilmu Administrasi dinyatakan lulus terbaik dengan IP Kumulatif nyaris sempurna 3,98.    

Anak Tukul Arwana Raih Gelar Magister Hukum              
Selain jajaran civitas akademika dan keluarga wisudawan, turut hadir komedian dan presenter terkenal, Tukul Arwana. Pemilik nama asli Tukul Riyanto ini hadir sebagai orangtua salah seorang wisudawan dari Fakultas Hukum, Ega Prayudi, anak tertuanya yang telah menyelesaikan studi di Program S2 Magister Ilmu Hukum. Bukan hanya hadir, Tukul juga memberi sambutan di panggung mewakili orangtua wisudawan.              

Ega Prayudi, kesehariannya bekerja sebagai anggota POLRI, dengan pangkat AKP. Saat ini ia berdinas di Polres Probolinggo, dan menjabat sebagai Kasat Lantas. Tercatat sebagai mahasiswa di Unitomo sejak tahun 2016, Ega berhasil meraih IP Kumulatif 3,61. Ia dinyatakan lulus setelah berhasil mempertahankan tesisnya yang berjudul "Perlindungan Hukum Terhadap Pemenang Lelang Eksekusi Hak Tanggungan Terhadap Gugatan Perlawanan Debitur Pemberi Jaminan Hak Tanggungan".