Unitomo Press Bersama KLPK Beri Literasi Menulis ke Siswa SMA


Senin (13/02), Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Press bekerjasama dengan Komunitas Literasi Patrick Kellan (KLPK) menggelar Pelatihan Menulis Berita bersama Patrick Kellan. Bertempat di Ruang RM Soemantri, kegiatan ini diikuti sekitar 50 peserta dari kalangan SMA/SMK yang ada di Surabaya.

 

Dian Ferriswara, Ketua Unitomo Press saat mengawali kegiatan mengatakan, kegiatan ini mengajarkan peserta untuk menulis cerita pendek atau cerpen dengan cerita asyik sekaligus berpesan moral. "Sekaligus sebagai literasi bagi peserta untuk tetap semangat dalam menulis", ungkapnya.

 

Sementara Patrick Kellan, Penulis Moral Code mengungkapkan, dalam menulis harus benar-benar memikirkan tema yang akan dibuat, sehingga mampu membuat penokohan hingga alur cerita yang jelas. "Jangan sampai kita tidak tahu tema apa yang akan kita tulis, bisa-bisa hasil tulisan kita tidak jelas mau dibawa ke mana alurnya", jelasnya saat memberikan materi.

 

Ditemui di sela kegiatan, Indah Nur Maulidya, salah satu peserta mengungkapkan, kegiatan seperti ini hendaknya bisa menjadi kegiatan rutin atau diberikan pelatihan langsung ke sekolahan. "Materinya menarik, semoga bisa memberikan pelatihan juga di ekstra kurukiler yang ada di sekolahan, agar kualitas menulis kami juga meningkat, tidak dalam event ini saja", ujar siswa kelas XI IPS 1 SMA Dr. Soetomo ini.