Tingkatkan Kualitas Karya Literasi, Unitomo Gelar Workshop Proposal PKM


Selasa (22/03), Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar Workshop Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas karya literasi mahasiswa ini bertempat di Ruang RM Soemantri dan dibuka langsung oleh Rektor, Siti Marwiyah.

 

Dalam sambutannya, Iyat sapaan akrab rektor wanita pertama ini mengatakan kegiatan ini sebagai awal yang bagus dalam memberikan semangat dan gambaran mahasiswa dalam membuat proposal PKM. "Harapannya dari mahasiswa ada yang bisa lolos untuk proposal PKM ini, agar bisa mendongkrak pemeringkatan perguruan tinggi dalam bidang kemahasiswaan", ungkapnya.

 

Kegiatan yang diikuti sekitar 50 mahasiswa dan dosen ini mendatangkan Prof. Tukiran, Riviewer Nasional Program PKM sebagai narasumber. Dalam paparannya, Guru Besar Bidang Kimia ini mengatakan, jadikan kegiatan ini sebagai motivasi keikutsertaan Program PKM dalam rangka menempa diri pribadi dalam menunjukkan kinerja yang baik. "Minimal sudah ada pengalaman dalam hal seperti ini, sehingga nanti akan membantu sekali dalam pengerjaan skripsi. Mari gunakan workshop ini sebagai sarana dalam memecahkan suatu permasalahan dan juga semoga dapat menghasilkan proposal yang berkualitas sehingga dapat membawa nama baik universitas di kancah nasional", ujar pria kelahiran Magetan ini.

 

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Sucipto mengharapkan tahun 2022 ini ada setidaknya 10 proposal PKM dari mahasiswa yang bisa lolos. "Dalam waktu dekat koordinasi akan kami lakukan melalui masing-masing kepala program studi agar bisa menggali potensi mahasiswa dalam menyusun proposal. Syukur-syukur bisa lebih dari 10 proposal PKM yang bisa lolos, karena dari pedoman Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM, mahasiswa yang proposalnya lolos bisa dikonversikan minimal 2 hingga 10 sks. Jadi penyusunan Proposal ini sangat selaras dengan MBKM", kata Sucipto.