Tingkatkan Kualitas Artikel Ilmiah Mahasiswa, FIA Gelar Pelatihan Mendeley dan Penulisan



Senin (09/01), Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menyelenggarakan Pelatihan Mendeley dan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Mahasiswa. Bertempat di Ruang Soemantri, Kegiatan ini berlangsung hingga Selasa (10/01).

 

Ditemui di sela kegiatan, Sri Roekminiati, Wakil Dekan I FIA mengatakan tujuan kegiatan ini agar mahasiswa mampu menuangkan gagasan, ide, hasil penelitian ke dalam sebuah tulisan yang dimuat dalam jurnal bereputasi serta menguasai aplikasi referensi manager Mendeley Desktop. "Mahasiswa harus sensitif terhadap hal-hal seperti ini, agar hasil penelitiannya pun bisa lebih berkualitas", ujarnya.

 

Kegiatan yang diikuti sekitar 100 mahasiswa dari jenjang S1 maupun S2 ini mendatangkan Dian Ferriswara sebagai narasumber. Dalam paparannya, Dian memberikan pengetahuan secara terperinci terkait mendeley dan penulisan artikel ilmiah. "Antusias peserta sangat bagus, melihat yang ikut tidak hanya dari FIA, namun dari Fakultas Hukum, Pertanian, Teknik, hingga Sastra. Karena memang pelatihan semacam ini sangat dibutuhkan bagi mahasiswa, terutama bagi mereka yang sudah pada semester akhir", jelasnya.

 

Sementara, Yusfita Rahmayanti, salah satu peserta pelatihan mengungkapkan, kegiatan pelatihan banyak memberikan banyak manfaat, khususnya menambah wawasan kemampuan dalam menuangkan gagasan, ide, hingga hasil penelitian yang dituangkan dalam jurnal bereputasi. "Seneng banget, apa lagi mendeley desktop ini menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah", pungkas mahasiswa Magister Ilmu Hukum semester 1 ini.