Tim Dosen Abdimas Unitomo Gelar Sosialisasi Tanggap Bencana di Desa Cemandi


Sabtu, (18/12) Dalam rangka Kuliah Kerja Nyata-Pengabdian Pada Masyarakat (KKN-PPM) Tematik Bencana Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur kembali gelar Sosialisasi dan Penyuluhan Tim Pengabdian Dosen Unitomo dan Lomba Ketahanan Pangan bagi Ibu-Ibu PKK / Dasa Wisma di Desa Cemandi Sedati Sidoarjo. Penyuluhan yang bertema “Dasa Wisma Tanggap Bencana-Perlindungan dan Penyelamatan Arsip dalam Siaga Bencana” ini berlangsung di balai Desa Cemandi dan dihadiri Ibu-Ibu PKK serta mahasiswa KKN setempat dan Fedyanti Agustinah Ketua Tim Abdimas Unitomo didampingi Tim dosen Abdimas Unitomo serta Rusilah Kades Cemandi yang juga sebagai pembina Dasa Wisma desa setempat.

Dr. Dra. Fedyanti Agustinah, MM. sedang memberikan paparan materi Sosialisasi

Dalam penyuluhan awal Fedyanti Agustinah Ketua Tim Dosen Abdimas Unitomo Desa Cemandi menjelaskan tentang pentingnya materi penyuluhan tematik kebencanaan ini agar para ibu-ibu sebagai kader dasa wisma dalam menghadapi bencana tidak panik dan selalu tetap tenang sehingga dapat membantu  keluarganya mempersiapkan upaya penyelamatan arsip surat-surat penting seperti surat tanah, surat nikah, ijazah dalam  satu berkas karena bencana bisa terjadi dengan tiba-tiba. “Dalam kesempatan ini tim dosen kami berupaya untuk memberikan salah satu materi edukasi pengurangan resiko bencana yaitu bagaimana melindungi arsip penting keluarga kepada Ibu-Ibu Desa Cemandi karena daerah ini sangat berpotensi rawan bencana seperti banjir  dan angin puting beliung”,ujar Fedy.

Dr. Siti Marwiyah, SH, MH beserta Dr Vieta I Cornelis, SH, M.H berikan penjelasan Peta Rawan Banjir pada peserta Sosialisasi

Dalam kesempatan pemaparan materi lain yang Fedyanti dibantu oleh Agustiawan Djoko Baruno anggota Tim Abdimas Unitomo banyak menjelaskan upaya menjaga dokumen penting keluarga agar terhindar dari kerusakan fatal akibat bencana alam. “ Karena bencana terjadi secara mendadak biasanya Ibu-ibu langsung panik dan lebih dulu menyelamatkan benda-benda berharganya seperti uang,perhiasan, dan alat elektronik. Sedangkan dokumen pentingnya seperti surat nikah, ijazah, akte kelahiran dan dokumen penting lainya terlupakan”, papar Agustiawan.

Agustiawan Dj. Baruno., SE, MM anggota Tim Dosen Abdimas Unitomo Desa Cemandi memberikan paparan materi Sosialisasi

Antusiasme peserta dalam sesi tanya jawab

Menurutnya dokumen keluarga ini dikatakan penting karena merupakan arsip keperdataan keluarga  jadi bila hilang atau rusak maka akan sangat merepotkan bila nanti mempunyai urusan administrasi dengan pihak lain terkait dengan dokumen tersebut. “Oleh karena itu senyampang masih dalam keadaan aman mulai sekarang harus dikelola keberadaan dan keamanannya dengan baik di file map dokumen kemudian disimpan di koper atau tas agar aman”,tutur dosen FEB Unitomo ini. “Sebaiknya dalam tas atau koper yang disiapkan untuk penyimpanan arsip juga sudah disiapkan beberapa peralatan tanggap darurat bencana lainya untuk masa kurang lebih tiga hari seperti uang tunai secukupnya, makanan tahan lama, pakaian, selimut, handuk, perlengkapan mandi dan masker guna menyaring udara kotor”,imbuhnya.

Peserta Lomba Ketahanan Pangan

Dalam kesempatan terpisah Rusilah Kepala Desa Cemandi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Tim dosen Abdimas Unitomo ini karena sudah turut membantu mengingatkan kepada Ibu-Ibu dasa wisma Desa Cemandi agar selalu tetap waspada dan tanggap bencana serta peduli pada dokumen penting keluarga agar selalu dikelola dan dijaga dengan baik.“Matur nuwun buat tim dosen Unitomo dengan materi yang sangat interaktif dan menyenangkan kami sudah diingatkan untuk menjaga dan memelihara dokumen keluarga. Meskipun sepele namun sangat penting bila dibutuhkan. Juga kepemilikan tas siaga bencana tersebut beserta isinya bagi semua anggota keluarga sangat saya rekomendasikan sebagai cadangan bertahan hidup apabila bantuan belum datang saat bencana tiba”,ungkap Kades wanita ini.

Dr. Dra. Fedyanti Agustinah, MM menyerahkan hadiah pada pemenang Lomba Ketahanan Pangan Ibu-Ibu PKK Desa Cemandi

Agustiawan Djoko Baruno, SE, MM berkesempatan menyerahkan hadiah pada pemenang harapan di Lomba Ketahanan Pangan Desa Cemandi

Foto Bersama Ibu-ibu PKK dan Mahasiswa KKN Kelompok Desa Cemandi

Seperti diketahui diawal acara telah digelar lomba Ketahanan Pangan bagi ibu-ibu PKK setempat oleh kelompok mahasiswa KKN Desa Cemandi. dan di akhir kegiatan sosialisasi ini telah diserahkan hadiah bagi pemenang lomba tersebut serta souvenir bagi ibu-ibu dasa wisma peserta sosialisasi ini.(AGBAR)