Sempat Vakum 2 Tahun Akibat Pandemi, Sasjep Unitomo Kembali Gelar Bunkasai JFF



Minggu (28/05), Program Studi Sastra Jepang (Prodi Sasjep) Fakultas Sastra (FS) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) kembali mengadakan Bunkasai Japan Fun Festival (JFF) dengan tema “Taikai Matsuri; Jibun migaki ni chōsen shiyou, seiseidōdō to kisoiaou yang berarti Festival Perlombaan; Mari asah diri kita dengan berlomba untuk menjadi yang terbaik dengan cara sportif. Agenda tahunan Prodi Sasjep yang sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi ini, kini kembali terselenggara melalui kerjasama dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

 

Eki Danah Armita, Humas Panitia Kegiatan mengatakan kegiatan Bunkasai JFF  ke 26 tahun ini sebagai wujud dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Memang yang biasanya di Unitomo, kali ini agak sedikit berbeda yakni kami berkolaborasi dengan PENS, dengan mengundang siswa SMA/SMK/MA se-Jawa Timur, mahasiswa, dan masyarakat Umum pecinta budaya Jepang di seluruh Jawa Timur untuk ikut memeriahkan lomba-lomba dan kegiatan yang diadakan”, ungkapnya.

 

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang Surabaya, Takeyama Kenichi ini disaksikan Rektor Unitomo, Siti Marwiyah dan Direktur PENS, Aliridho Barakbah. Dalam sambutannya, Takeyama Kenichi mengatakan terkesan dengan kegiatan yang diselenggarakan meski masih dalam suasana endemi. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, terselenggara dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan. Selain itu, perpaduan budaya jepang dengan keramahan dan keuletan mahasiswa Indonesia menjadi kolaborasi yang menarik”, ujarnya.

 

Sementara itu, Rektor Unitomo, Siti Marwiyah saat ditemui di sela kegiatan mengatakan kegiatan Bunkasai JFF ke 26 menjadi salah satu kegiatan yang mampu menghidupkan gairah mahasiswa dalam menyelenggarakan kegiatan setelah terpaan pandemi. “Ini bisa menjadi contoh bagi mahasiswa lain dalam menggelar kegiatan, dan tetap mengangkat nilai-nilai  yang sifatnya lintas budaya internasional, jalinan kerja sama, dan mengasah kreativitas serta sportivitas”, kata Doktor Bidang Hukum Tata Negara ini.

 

Sebagai informasi, selain lomba, pada acara JFF ini menampilkan langsung kegiatan Chanoyu (upacara minum teh), dan penampilan Kendo (seni bela diri Jepang). Dan akan ada penampilan dari guest stars Seaberry, HT-ONE dan Kiseki Band yang turut memeriahkan acara JFF tahun ini.