Rektor Unitomo Beri Kuliah Umum Peserta KKN-PPM di Beberapa Lokasi Jatim dan LN


Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang dilaksanakan Universitas Dr Soetomo (Unitomo) berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini mahasiswa peserta KKN akan dibagi dalam 4 tema, yakni KKN Reguler, KKN Tematik Bencana dan KKN Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) XXXIX yang akan dibagi dalam 4 kabupaten ke Bojonegoro, Trenggalek, Pamekasan dan Sidoarjo hingga KKN Luar Negeri ke Thailand Selatan.

Sebelum memberangkatkan 900 mahasiswa peserta KKN-PPM Tahun Akademik 2018/2019, Unitomo membekali para mahasiswa dengan materi sebelum terjun ke masyarakat, Minggu (31/03). Bertempat di Auditorium Ki. H. Moh. Saleh, kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor, Bachrul Amiq. “Berikan ilmu bermanfaat kepada masyarakat di lingkungan sekitar lokasi KKN, cerminkan almamater sebagai tauladan yang berguna bagi masyarakat”, ungkapnya saat memberikan arahan.

Amiq berpesan kepada peserta KKN mengenai penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) terhadap masyarakat. “Mari terapkan multidisiplin penanaman nilai-nilai nasionalisme, kepribadian, keuletan, etos kerja, tanggung jawab, kemandirian, kepemimpinan, kewirausahaan, dan penanaman jiwa kepenelitian serta kepengabdian”, imbuhnya.

Ditemui di Sela kegiatan, Siti Marwiyah, Wakil Rektor Bidak Akademik mengatakan yang perlu menjadi perhatian bersama yakni pendidikan anak-anak di lokasi KKN. “Kita tahu bersama, peserta yang memiliki latar belakang akademisi harus bisa mentransfer ke anak-anak yang nantinya akan menjadi penerus dalam meningkatkan taraf hidup keluarga. Terlebih bagi mahasiswa yang akan ke Thailand Selatan, kenalkan bahwa Indonesia memiliki banyak budaya dan memiliki kemandirian, masyarakat modern dan mempunyai etika yang baik”, pungkasnya.