Puluhan Mahasiswa FIA Studi Lapang di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang


Rabu (09/02), mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) melakukan kegiatan Studi Lapang di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang Kabupaten Malang. Kegiatan yang merupakan pengembangan pendidikan mata kuliah Manajemen Pelayanan dan Administrasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat ini diikuti 58 mahasiswa, 4 dosen pengampu mata kuliah, dan 1 pejabat struktural FIA.

 

Ditemui di sela kegiatan, Sri Roekminiati, Wakil Dekan I FIA mengatakan, tujuan Studi Lapang ini adalah ingin mengetahui Jenis layanan, Alur Layanan, Administrasi Pelayanan, Ruangan dan aktivitas rehabilitasi, serta Kunjungan ke museum pada Rumah Sakit  Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. "Selain mendapat ilmu, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman secara langsung bagaimana kegiatan saat di lapangan", ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Arum, sapaan akrab Sri Roekminiati menambahkan, harapannya mahasiswa mampu memperdalam keilmuan dari teori yang didapatkan pada bangku perkuliahan yang sifatnya teoritik terkait dengan Mata Kuliah Manajemen Pelayanan dan Administrasi Pelayanan Kesehatan masyarakat pada tataran implementasinya di pusat layanan kesehatan khususnya layanan Kesehatan rumah sakit jiwa. "Dengan seperti ini akan sangat terekam dalam memori mahasiswa, dan model pembelajaran seperti ini bisa menambah pengetahuan baru yang bersumber dari praktisi", imbuh Arum.

 

Sementara itu, dr. Amalia Indah, Ketua Bagian Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang mengaku sangat senang dikunjungi mahasiswa FIA Unitomo. "Mahasiswa FIA Unitomo ini begitu antusias memelajari setiap apa yang kami jelaskan, semoga ini bisa memberikan manfaat bagi pendalaman keilmuan yang dipelajari", pungkasnya.