Maraknya Kenakalan Remaja di Bulan Ramadan, FH Ingatkan Milenial Lewat Talkshow


Kamis (06/04), Fakultas Hukum (FH) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) bekerjasama dengan Jeje Radio FM menggelar Talk Show dengan tema "Kajian Yuridis Kenakalan Remaja di Bulan Ramadan". Bertempat di Laboratorium Mini Court Room Mahkamah Konstitusi (MK) lantai 4 Gedung F Kampus Unitomo, kegiatan ini menghadirkan Subekti, Dekan FH bersama Nur Handayati, Wakil Dekan II FH sebagai narasumber.

 

Talksho yang diikuti sekitar 30 mahasiswa, kegiatan yang berlangsung saat bulan ramadan ini menjadi sumber refrensi tersendiri bagi mahasiswa di luar mata kuliah. Subekti mengatakan, kenakalan remaja merupakan suatu fenomena yang sering terjadi pada kehidupan serta sekeliling masyarakat, dan perbuatan perbuatan tersebut tetap terjadi di bulan puasa. "Mirisnya, di tengah bulan yang suci ini Ada beberapa kejadian kenakalan yang dilakukan oleh remaja saat bulan puasa yaitu adanya perang sarung, tawuran atau perkelahian  antar jalan, gang , atau perkampungan. Termasuk Genk motor termasuk balapan liar", ujarnya.

 

Subekti menambahkan, fenomena kenakalan remaja sangat erat kaitannya dengan pendidikan keluarga. "Jika pendidikan itu dapat diterapkan maka akan terhindar hal-hal yang menjadi pemicu kenakalan", imbuhnya.

 

Sementara, Nur Handayati mengatakan kenakalan pada remaja berpotensi menimbulkan tindakan hukum pidana. "Benar seperti kata bu dekan, jangan sampai hal tersebut terjadi hingga pihak berwajib turun tangan, maka pendidikan rumah atau keluargalah yang paling utama untuk mencegah terjadinya kenakalan tersebut", pungkasnya.