LPPM Unitomo Gelar Monev Internal Program PKM Pengabdian Kepada Maysarakat



Senin (10/10) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kementerian  Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berdasarkan surat dari nomor 1036/E5.5/AL.04/2022 tanggal 27 September 2022. Dalam surat tersebut, Unitomo memeroleh Hibah Pengabdian Kepada Maysarakat Skema Mono dan Multi Tahun Anggaran 2022 untuk judul “PKM Pengembangan Wisata Air D’ganjaran Yang Dikelola Oleh Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ) Sambi Madu Di Desa Sambibulu, Sidoarjo”.

 

Kegiatan diikuti oleh tim peneliti yang terdiri dari Amirul Mustofa, Fakultas Ilmu Administrasi (FIA); Liosten Rianna Roosida Ully Tampubolon, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB); dan Widyawati, FIA dengan reviewer Dr. Eny Dyah Yuniwati, Ketua LPPM Universitas Wisnuwardhana Malang dan Dr. Darsono, Dosen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Wisnuwardhana Malang. Agenda Monev dilakukan guna mengetahui perkembangan dari kegiatan riset yang dilakukan serta sebagai syarat untuk pencairan dana tahap kedua. “Hibah yang telah diperoleh dapat meningkatkan kinerja lembaga terutama di bidang pengabdian kepada masyarakat yang nantinya juga berkaitan dengan bidang penelitian dan publikasi ilmiah”, ujar Amirul yang juga sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua LPPM.

 

Amirul menambahkan kegiatan pengabdian akan melibatkan mahasiswa yang disinkronkan dengan penerapan model Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang direkognisi dengan tugas akhir atau skripsi. “Jadi mahasiswa juga akan memiliki pengalaman secara langsung mulai dari identifikasi masalah, penyusunan proposal, dan lain sebagainya seputar pengabdian pada masyarakat”, imbuhnya.

 

Lebih lanjut, Amirul menyampaikan terima kasih kepada Kemendikbud Ristek dalam memberikan Hibah bidang Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pengabdian pada Masyarakat. “Saya selaku ketua tim akan mengelola hibah ini sebaik-baiknya, dan ke depan akan mendorong dosen-dosen agar memberikan kontribusi lebih banyak sehingga mendapatkan lebih banyak lagi dana hibah dari Kemendikbud Ristek”, tambah Amirul.

 

Sementara itu, Dr. Eny Dyah Yuniwati, salah satu reviewer menyampaikan kembali agar tim peneliti segera menindaklanjuti hal-hal yang sudah disampaikan dan dimohon pula untuk segera melengkapi administrasi pada akun masing-masing. Agar di mata pemberi dana, pelaksanaan kegiatan riset keilmuan ini dinilai bagus, sehingga diharapkan akan berdampak pada perolehan hibah yang sama di masa-masa mendatang. “Semoga ke depan memiliki beberapa kelompok dengan judul-judul yang inovatif”, pungkasnya.