Lemlit Unitomo Gelar Workshop Penyusunan Proposal Hibah Penelitian T.A. 2023


Senin (27/03), Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar Workshop Penyusunan Proposal Hibah Penelitian Tahun Anggaran (T.A.) 2023. Bertempat di Ruang RM Soemantri, kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor, Siti Marwiyah.

 

Dalam sambutannya, Siti Marwiyah mengatakan, kegiatan ini terselenggara seiring telah munculnya pengumuman penerimaan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi tahun anggaran 2023 tanggal 7 maret 2023 nomor 0167/E505/AL.04/2023. "Sebelumnya, saya tugaskan Ketua Lemlit untuk meminta kepada para dekan agar menugaskan dosen-dosen yang berstatus eligible dalam skema program hibah penelitian T.A. 2023, karena hal tersebut menjadi ketentuan menjadi ketua pengusul hibah penelitian", ujar Doktor Bidang Hukum Tata Negara ini.

 

Kegiatan yang diikuti sekitar 30 peserta ini mendatangkan Vina Salviana Darvina Soedarwo, Wakil Direktur I bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Malang sebagai narasumber. Eny Hartati, Ketua Lemlit menuturkan, hadirnya Vina Salviana Darvina Soedarwo merupakan sosok yang berkompeten dalam bidang hibah penelitian. "Beliau sangat berkompeten di bidang penelitian, sering mendapat hibah, salah satu penerima program matching fund tahun kemarin dan tentu saja sudah lama bekerja sama dengan Lemlit Unitomo", ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Eny mengatakan, peserta yang mengikuti workshop benar-benar diseleksi melakukan pengecekan pada jurnal Science and Technology Index (SINTA) dan Business and Innovation Management BIMA masing-masing dosen untuk melihat status eligible atau Tidak eligible. "Sesuai arahan bu Rektor, dan juga Ketentuan menjadi Ketua Pengusul Hibah Penelitian Direktorat Riset, Teknologi, Pengabdian kepada Masyarakat T.A. 2023, Minimal jabatan fungsional Lektor dan memliki SINTA Score Overall minimal 150 untuk bidang Saintek dan 50 untuk bidang Soshum dan Seni", imbuhnya.

 

Sementara, Sri Utami Ady, salah satu peserta workshop mengharapkan bisa lolos Hibah Penelitian Direktorat Riset, Teknologi, Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) T.A. 2023. "Alhamdulillah hasil pengecekan menunjukkan eligible, tinggal bagaimana menyusun usulan proposal secara matang ke depannya", ungkapnya yang juga Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).