Kunjungan Kerja Pimpinan Unitomo ke Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan


Siapa yang pernah mendengar kota gaib yang ada di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan? Beberapa waktu lalu, tersebar foto penampakan sebuah kota gaib yang dikenal dengan nama Saranjana yang terletak di Kotabaru. Tentu seru kalau bisa berkunjung ke kota tersebut dan dapat melihat penampakannya.

Beberapa hari lalu dari 9-12 Januari Pimpinan Unitomo mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Kotabaru. Tentu saja bukan untuk melihat kota gaib. Kunjungan tersebut merupakan inisiasi dan undangan dari pemerintah Kabupaten Kotabaru untuk melaksanakan berbagai kerjasama di berbagai bidang. Turut dalam kunjungan kerja tersebut, Ketua Pengurus YPCU, Rektor, Wakil Rektor, dan tiga dekan. Rombongan Unitomo ini disambut oleh Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Alaydrus, SH dan dijamu dengan sangat baik oleh jajaran Pemerintah Kotabaru.

Dalam kunjungan tersebut, Dr. Harliantara, Drs., M.Si (Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi), Dr. Wahyu Prawesthi, SH, MH (Wakil Dekan Fakultas Hukum), dan Dr. Hendro Wardhono, M.Si (Dekan Fakultas Ilmu Administrasi) sesuai kebutuhan kolaborasi yang telah direncanakan sebelumnya.

Kunjungan tersebut menghasilkan MoU yang ditandatangani oleh Rektor Unitomo dan Bupati Kotabaru terkait kegiatan TRIDHARMA  Perguruan Tinggi. Kemudian dilaksanakan juga forum sarasehan yang menghasilkan potensi pariwisata Kotabaru dengan narasumber Bapak Sekda Kotabaru, Bapak (Plt) Kadisparpora dan Ibu Rektor Unitomo. Peserta diskusi adalah kepala desa, tim Universitas dan tim Disparpora, serta perwakilan masyarakat desa wisata.

Di sela-sela kunjungan tersebut, diadakan temu alumni untuk membentuk Ikatan Alumni (IKA) untuk wilayah Kalimantan Selatan. IKA nanti menjadi partner Unitomo untuk membangun kerjasama lebih luas lagi di wilayah Kalimantan Selatan. Ketua IKA Unitomo tersebut adalah Dr. Syamsul Adha, M.Si yang juga sebagai Kabid RR BPBD Kotabaru, Pusat Studi Bencana & Lingkungan (PSBL. Berikutnya Unitomo akan melakukan kontak dengan BNPB untuk melakukan pelatihan kebencanaan di Kotabaru. Selain itu, bersama PSBL akan mengembangkan program MAKTAB (Masjid Kokoh & Tangguh Bencana) dan Instalasi Pemanen Air Hujan (IPAH).

Salasatu yang membahagiakan adalah keberhasil kunjungan untuk merekrut mahasiswa baru dari Kotabaru. Calon mahasiswa baru tersebut mendaftar di Magister Ilmu Komunikasi, Magister Ilmu Hukum, dan S1 Managemen. Ke depan, diharapkan lebih banyak lagi mahasiswa Unitomo yang berasal dari Kalimantan Selatan, khususnya Kotabaru.

Berikutnya, Fikom mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Dinas Kominfo yang sekaligus siaran On Air di Radio Gema Saijaan (RGS) FM untuk mempromosikan Unitomo. Fikom mendapatkan kesempatan berikutnya untuk  kegiatan pemberdayaan SDM untuk Dispapora dan Diskominfo dengan kegiatan berupa:  literasi digital, pelatihan broadcasting dan pelaksanaan UKW (Uji kompetensi wartawan).

Poin kerjasama lainnya berupa kolaborasi dalam peningkatan kualifikasi dan kompetensi untuk ASN Pemkab Kotabaru sebagai bentuk dari implementasi kerjasama. Bentuknya berupa pendidikan dan pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan ASN di Kotabaru.

Demikian kegiatan kunjungan pimpinan Unitomo ke Kotabaru. Semoga menjadi kunjungan yang berhasil guna dan berdaya guna untuk kebaikan semua.



Foto: Bupati H. Sayed Jafar menerima jas almamater Unitomo dan plakat Dr. Soetomo


Foto: Ramah tamah dan presentasi rancana kerjasama


Foto: Penandatanganan MoU dan MoA


Foto: Temu alumni dan pembentukan Ikatan Alumni Unitomo Kotabaru

Foto: Sarasehan pengembangan pariwisata Kotabaru

Foto: Rektor Unitomo Dr. Siti Marwiyah, SH.,MH, memberikan sambutan pada sarasehan