Kunjungan Creative Minds Jepang ke Unitomo


Hari ini (10/1/2023) adalah hari terakhir kegiatan kunjungan Creative Minds, sebuah lembaga yang sedang konsen dengan proyek edukasi kebencanaan dari Jepang. Ikoku Koguso pimpinan Creative Minds dan wakilnya Haruko Koguso tampak senang dengan rangkaian kegiatan yang diadakan selama dua hari dari senin kemarin. Itu terlihat dari cara keduanya berinteraksi dengan peserta seminar dan siswa-siswi SD yang mendapatkan pendidikan kebencanaan ala Jepang.

Hari pertama kemarin, Ikoku Koguso dan Haruko Koguso disambut di Ruang Soemantri oleh pimpinan kampus yang diwakili oleh Dra. Cicilia Tantri Suryawati, M.Pd . Sebelumnya mereka melihat pameran foto yang ada di teras dan loby gedung rektorat yang dipandu oleh mahasiswa dari UKM Fotografi Ciphoc. Kemudian mereka mendapatkan paparan tentang kebijakan kebencanaan di Indonesia dari Prof. Dr. Syamsul Maarif, M.Si,   mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kegiatan tersebut dihadiri dosen, mahasiswa dan aktivis lingkungan. Dalam kesempatan tersebut, diumumkan juga pemenang lomba pembuatan video edukasi kebencanaan yang diikuti oleh mahasiswa sebagai peserta. Sesi terakhir, keduanya mendapatkan penjelasan tentang KKN Tematik kebencanaan dari kepala LPM Dr. Sapto Pramono, M.Si, serta adaptasi materi kebencanaan ke dalam kurikulum dan mata kuliah oleh Drs. Zainal Fatah, M.Si. Setelah kegiatan seminar, dilanjutkan dengan demo pembuatan biopori untuk meningkatkan resapan air hujan dan paparan alat panen air hujan dari PSBL Unitomo (Pusat Studi Bencana dan Lingkungan). 

Hari kedua, Ikoku Koguso dan Haruko Kogus mengunjungi SD Sidorejo Krian. Rombongan disambut tari-tarian yang dibawakan oleh siswa sekolah dasar tersebut. Berikutnya aktivis dari PSBL mendemokan bagaimana edukasi kebencanaan kepada siswa-siswi yang diikuti juga oleh seluruh guru dan kepala sekolah. Pada kesempatan terakhir, Ikoku Koguso menyampaikan cara menghadapi bencana ala siswa-siswi Jepang di depan kelas.

perjalanan terakhir rombongan yang dipandu oleh Drs. Basuki Nugroho, M.Si. akhirnya sampai di gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim. Keduanya disambut oleh pimpinan dan staf BPBD dan dijelaskan kegiatan BPBD dalam mitigasi bencana di command centre. Kegiatan lainya adalah melihat pemanfaatan Mosipena (Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana) untuk edukasi kebencaan berupa mobil yang dapat keliling ke berbagai daerah. Tidak ketinggalan, rombingan juga masuk ke Tempina (Tenda Pendidikan Bencana) yang berisi berbagai media pembelajaran kebencanaan yang dibuka untuk umum.

Terima kasih atas kunjungan dan kerjasama Creative Minds dengan Unitomo. Semoga kerjasama tersebut berlanjut dan semakin meningkat untuk edukasi bencana yang membawa menfaat bagi masyarakat.







#japan #tohoku #indonesia #earthquake #disasterpreparedness

Produced by:

Yamagata broadcasting company, Tohoku Inbound Association and Creative Minds

https://www.visionplus.id/movies/56926/japan-style-disaster-prevention