Implementasikan MoU, Creative Minds Jepang Kunjungi Kampus Unitomo


Senin (09/01), Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) melakukan implementasi hasil kesepakatan kerjasama dengan Creative Minds yang telah ditandatangani Ikoku Kogiso, Pimpinan dan Pemilik Lembaga Creative Minds Jepang dengan Rektor, Siti Marwiyah pada (12/08/2022) lalu secara online. Bertempat di Ruang Soemantri, Ikoku Kogiso terbang ke Indonesia bersama Haruko Kogiso untuk melihat dan merasakan langsung bagaimana kampus Unitomo telah melakukan pengembangan Edukasi Kebencanaan sejak 2015.

 

Ditemui di sela kegiatan, Basuki Nugroho, Ketua Pusat Studi Bencana dan Lingkungan (PSBL) mengatakan pihak Creative Minds tertarik meninjau langsung kampus yang telah berpengalaman melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Bencana. "Pihak Creative Mind tertarik bekerja sama dengan Unitomo, khususnya PSBL karena mereka ingin memberi edukasi kebencanaan pada anak-anak SD", ujarnya.

 

Lebih lanjut, Basuki mengatakan selain dosen, mahasiswa KKN juga terlibat dalam kegiatan implementasi ini. Ikoku Kogiso dan Haruko Kogiso disuguhkan mulai video edukasi bencana, hingga pameran foto bencana hasil karya mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Communication Photography Club (Ciphoc), dan diajak ke lokasi KKN pada Selasa (10/01). "Selama 2 hari di Indonesia, khususnya di Unitomo, pihak Creative Minds kami tunjukkan betapa Unitomo memiliki kesiapan memberikan pengembangan Edukasi Kebencanaan", imbuhnya.

 

Ikoku Kogiso mengapresiasi sambutan yang dilakukan Unitomo, khususnya dalam edukasi penanggulangan bencana. "Kami benar-benar terkesan rangkaian kegiatan yang dilakukan Unitomo, mulai dari materi edukasi bencana, melakukan pemasangan biopori, melihat peralatan Rain Water Harvesting, hingga mengunjungi lokasi KKN bertemu dengan siswa SD", ujarnya yang diterjemahkan Haruko Kogiso.