Hima Prodi Ekonomi Pembangunan Gelar Diklat Kepemimpinan


Bertempat di Villa Vanda Trawas Mojokerto. Sabtu (27/11) Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (EP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) gelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) kepemimpinan dalam beroranisasi bagi mahasiswa baru Hima EP 2021. Kegiatan yang dihelat dengan Tema“Develop The Character Of Leadership In The Organization” ini diorganisir mandiri oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Ekonomi Pembangunan FEB Unitomo.

Diklat yang diselenggarakan dengan prokes ketat ini ini dimentori langsung pihak internal FEB Unitomo oleh Suyanto Wakil Rektor II Unitomo,  dan Bambang Raditya Purnomo Wakil Dekan I FEB serta Veronika Nugraheni Sri Lestari Kaprodi EP FEB Unitomo.

Dalam sambutan pembukanya Bambang Raditya menyampaikan apresiasinya kepada HIMA EP dinilai sukses melangsungkan perhelatan rutin ini. "Mewakili Dekan FEB saya mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia Hima dan para narasumber yang hadir. Semoga kedepan bisa lebih baik lagi", ujar Radit.

Mengenai subtansi tema acara ini menurut Radit menjabarkan sudah tepat sasaran dalam memanfaatkan momentum kegiatan untuk memberi pemahaman dan motivasi organisasi kepada mahasiswa baru Ekonomi Pembangunan 2021. "Setelah pelatihan ini saya harap Hima EP agar terus kompak dan semangat meskipun jumlahnya tidak banyak dapat terus berkarya menyumbangkan kreatifitasnya kemahasiswaan bagi FEB Unitomo”,imbuh Radit.

Sementara dalam kesempatan paparan materi pertama, Bambang Raditya Purnomo banyak membahas tentang aspek-aspek keorganisasianyang berpengaruh dalam organisasidiantaranya adalah legalitas dan legitimasi. "Legalitas dapat kita dapatkan dalam AD/ART sedangkan legitimasi didapatkan jika HIMA EP mampu memberikan kontribusi dan menjadi solusi bagi seluruh mahasiswa EP, papar Radit.

Pada sesi itu pula, Radit berharap agar seluruh peserta Diklat Hima EP ini selalu mengoptimalkan potensinya sebagai kader HIMA EP yang unggul. "Saya harap agar seluruh mahasiswa memiliki kompetensi dan kepemimpinan yang kuat untuk mewujudkan HIMA EP sebagai organisasi kemahasiswaan yang unggul", kata Radit menutup paparannya.

Selanjutnya Veronika Nugraheni Sri Lestari  dalam sesi kedua pemaparan menjabarkan pentingnya Pengembangan Prodi Ekonomi Pembangunan yang merupakansalah satu bagian dari Ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang dan akan terjadi di Negara berkembang. Selain itu pengembangan ekonomi pembangunan akan menganalisis berbagai isu perekonomian untuk kemudian mencari dan menemukan solusi dari persoalan ekonomi secara kritis dan inovatif” papar Veronika.

Selanjutnya Suyanto memberikan motivasi Hidup beliau menceritakan pengalaman hidupnya yang tujuannya untuk memotivasi Para mahasiswa baru EP dan para panitia bahwa Motivasi hidup itu sangat penting untuk masa yang akan datang.

Ditemui disela-sela acara Isidora Ratnawati Selmin ketua panitia mengatakan dalam kelancaran kegiatan Diklat EP ini meskipun dalam situasi pandemi. "Tidak semua mahasiswa baru EP 2021 bisa hadir. Hanya 9 orang dari 13 mahasiswa, dan panitia 11. Semoga dari kegiatan Diklat EP tahun ini, kami bisa mendapatkan kader HIMA EP  yang potensial", ujar Isidora menutup percakapan.(Vero)