Gandeng University Sultan Zainal Abidin -UniSZA Malaysia, FH Unitomo Gelar Kuliah Tamu


Senin (20/02), Fakultas Hukum (FH) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar Kuliah Tamu yang digelar secara Hybrid. Bertempat di Laboratorium Mahkamah Konstitusi Gedung F Lantai 4 kampus Unitomo, kegiatan yang mengangkat tema "Challenges Of Modern Law Types Of Millennial Live In The Digital Era" ini dibuka langsung oleh Dekan FH, Subekti.

 

Dalam sambutannya, Subekti menyampaikan, kegiatan ini penting untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi mahasiswa, khususnya dalam hukum modern yang berkaitan dengan era digital. "Terlebih kami mendatangkan narasumber dari Universiti Sultan Zainal Abidin - UniSZA Malaysia, jadi tidak hanya mahasiswa, dosen pun bisa ada transfer knowladge", ujarnya.

 

Kegiatan yang diikuti hampir 200 peserta, baik secara daring maupun luring ini mendatangkan Suyatno, Dosen Faculty Of Law and International Relations Universiti Sultan Zainal Abidin -UniSZA Malaysia sebagai dosen tamu. Dalam paparannya, Suyanto mengatakan kajian modern law saat ini, berhubungan dengan negara-negara modern (Modern state). "Artinya, law society harus berhubungan hukum yang modern jika ingin hukum di suatu negara tersebut ingin menjadi negara yang maju. Hukum sebagai instrument  yang berhubungan dengan hal politik, hukum juga harus ada perubahan dalam implementasi social engennering ", jelasnya.

 

Sementara Ekaristi, salah satu peserta mengatakan, kegiatan kuliah tamu sangat memberikan refrensi soal keilmuan hukum. "Apalagi ini adalah dosen dari Malaysia, jadi refrensi hukum tidak hanya di Indonesia. Apalagi temanya sangat kekinian sekali", pungkas mahasiswa semester 6 S1 Ilmu Hukum ini.