Gandeng MGMP Bahasa Inggris Surabaya Fakultas Sastra Unitomo Gelar The Big Five Grand Final Youth Talk Competition 2021


Fakultas Sastra Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) kerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Surabaya, Sabtu (30/10) menggelar Kompetisi Bahasa Inggris bertema : The Big Five Grand Final Youth Talk Competition 2021. Kompetisi yang digelar dengan memperhatikan standar prokes ketat di Auditorium Ki Moh Saleh Lt.5 Kampus Unitomo ini dihadiri oleh para peserta bersamaa suporternya dari lima SMA yang telah terjaring dan masuk dalam lima besar babak final kompetisi ini.

Dra. Cahya Kartika, Kepala Seksi & PKPLK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Surabaya mewakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Surabaya sedang memberi sambutan.

Dalam sambutannya Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Surabaya yang diwakili oleh Cahya Kartika, Kepala Seksi & PKPLK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Surabaya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan MGMP kota Surabaya dengan menggandeng fakultas sastra Unitomo telah berhasil menyelenggarakan event bahasa Inggris dalam rangka inovasi peningkatan penguasaan dan minat berbahasa asing. “MGMP Bahasa Inggris Surabaya dan Unitomo sudah sukses menyelenggarakan kegiatan ini. Disamping menarik  bagi milenial tentunya mereka (milenial) tertantang untuk menuangkan ide cerita mereka serta mempresentasikan dengan bahasa Inggris yang baik dan benar. Tentu saja melalui pendampingan dan bimbingan guru bahasa inggrisnya. Dan melalui acara ini saya ucapkan selamat kepada para peserta yang telah terjaring di lima besar”, tuturnya.

Dr. Siti Marwiyah SH, MH Rektor Unitomo sedang memberikan sambutan pembuka

Senada dengan Cahya, dalam kesempatan sambutan berikutnya  Siti Marwiyah Rektor Unitomo yang biasa di panggil Iyat ini menyatakan rasa bangganya kepada lima peserta yang telah berhasil lolos dalam babak penyisihan  dan berharap agar dengan adanya ajang ini bisa menjadi momentum kesuksesan peserta untuk meraih masa depan yang lebih cerah. “Untuk mencapai lima besar dalam ajang berbahasa inggris ini adalah sangat sulit karena perlu berlatih public speaking dan memahami secara luas materi presentasi. Untuk itu saya doakan agar siswa peserta lima besar ini adalah calon orang sukses di masa yang akan datang”ujar Iyat.

Theo Gunawan Wahana, S.S., M.Pd. Ketua MGMP Bahasa Inggris Kota Surabaya Sedang memberikan sambutan

Sementara itu ditemui diselal-sela acara Theo Gunawan Wahana selaku Ketua MGMP Bahasa Inggris Kota  Surabaya mengatakan bahwa penyelenggaraan babak penyisihan kompetisi presentasi bahasa Inggris ini telah di mulai pada awal Oktober lalu dan berharap dari dari hasil lima besar peserta terpilih  juaranya. “Kompetisi Presentasi dengan menggunakan Bahasa Inggris ini diikuti lebih dari 200 peserta siswa dan siswi SMU, SMK, MA yang berada di wilayah Surabaya.  Dari event final ini hasil nyata kerjasama MGMP dengan fakultas sastra Unitomo beserta para juri ini diharapkan akan muncul para juaranya”,kata Theo.

Lebih Lanjut Theo menambahkan “The Big Five Grand Final Youth Talk Competition 2021” ini merupakan ajang bergengsi bagi para siswa SMA, karena lomba ini merupakan ajang untuk mengaktualisasikan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris di depan umum. “Kompetisi ini sekaligus merupakan arena untuk mengembangkan daya nalar serta critical thinking. Kemudian secara tidak langsung melatih keberanian serta memperluas wawasan siswa terutama dalam kemampuan bahasa Inggris. Salah satu yang menjadi faktor penilaian dewan juri adalah para peserta mempersiapkan konten Video dan presentasi  yang berkualitas dan disertai data dan fakta di lapangan, menarik perhatian para audiens, interaktif saat presentasi, gestur tubuh serta etika ketika berbicara didepan umum. Maka dari itu saya berharap lomba ini bisa terus berkelanjutan dan semakin banyak menemukan bibit unggul dari para siswa,” imbuh Theo.

Amelisa Billienda dari SMAN 13 Surabaya sedang menjawab pertanyaan juri terkait materi presentasinya.

Kerubin Ramadhan dari SMAN 15 Surabaya sedang memaparkan materi presentasinya terkait Hoax

Pemberian hadiah oleh Dra.Cicilia Tantri Suryawati,M.Pd Dekan Fakultas Sastra  Unitomo kepada Juara ke-1 Velecia Giovani dari SMAK St. Agnes Surabaya

Para Pemenang Kompetisi Ki-Ka (Velecia Giovani, Shanen Jocelyn ,Kerubin Ramadhan PF , Amelisa B dan Anandias Safira

The Big Five Grand Final Youth Talk Competition 2021 yang di selenggarakan di Kampus Unitomo ini diikuti oleh 5 siswa dari berbagai SMA di kota Surabaya dan juara pertama berhasil diraih oleh Velecia Giovani (SMAK St. Agnes), juara ke-dua, Shanen Jocelyn (SMA St. Louis 1) , juara ke-tiga, diraih Kerubin Ramadhan PF. (SMAN 15 Surabaya), dan juara ke-empat diraih Amelisa Billenda M (SMAN 13 Surabaya) serta juara ke-lima diraih Anandias Safira (SMAN 20 Surabaya). (Agbar)