FP Unitomo Buka Wawasan Pentingnya Sertifikasi Halal pada Produk Pangan dan Perikanan Lewat Kuliah Tamu



Kamis (24/11), dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional serta menindaklanjuti Memorandum of Agreement (MoA) dengan Pusat Halal Universitas Mulawarman, Fakultas Pertanian (FP) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar Kuliah Tamu. Bertempat di Gedung F ruang F.205, kegiatan ini mengangkat tema “Peran Mahasiswa dan Dosen pada Sertifikasi Halal pada Produk Pangan dan Perikanan”.

 

Diikuti sekitar 80 mahasiswa pertanian, kegiatan ini mendatangkan Sulistyo Prabowo, Ketua Halal Center Universitas Mulawarman. Dalam paparannya, pria yang akrab dipanggil Prabowo ini menjelaskan science behind halal dimana peserta mendapatkan informasi tentang pentingnya jaminan produk halal. “Dalam hal ini, peran mahasiswa sangat penting untuk bisa memahami titik kritis produk berbasis hewani, nabati dan miikrobial serta pendekatan pengetahuan dalam analisis bahan haram”, jelasnya.

 

Prabowo menambahkan, dalam mengeluarkan sertifikasi halal berlandaskan Peraturan Pemerintah RI No.39 Tahun 2021 tentang penyelanggaraan bidang jaminan produk halal. “Dalam peraturan tersebut, dimana pada pasal 2 ayat 1 tertulis bahwa produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib berrsertifikasi halal”, imbuhnya.

 

Sementara itu, Dekan FP, Kejora Handarini mengatakan kegiatan kuliah tamu bisa memberikan wawasan mengenai sertifikasi halal pada produk pangan dan perikanan. “Ke depan kuliah tamu akan lebih mendalam, yakni disertai proses pendampingan pengajuan sertifikasi halal. Semoga, untuk pengayaan wawasan mahasiswa, kami akan mengusahakan akan ada kelanjutan untuk produk selain pangan seperti produk herbal dan komestik”, pungkas Doktor Bidang Teknologi Pangan ini.