Dorong Percepatan Kepangkatan Dosen, Unitomo Gelar Pembinaan dan Bimbingan Teknis


Kamis (22/12), Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar Pembinaan dan Bimbingan Teknis guna Peningkatan Kapasitas Dosen di Lingkungan Unitomo. Bertempat di Ruang RM Soemantri, kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor, Siti Marwiyah atau yang biasa disapa Iyat.

 

Dalam sambutannya, Iyat mengatakan kegiatan ini penting disepenggarakan untuk dosen, mengingat masih ada beberapa dosen yang mengabaikan soal kepangkatan dosen. "Jadi melalui kegiatan ini, dosen-dosen akan terpacu untuk memerhatikan kepangkatannya. Bila banyak yang kepangkatannya bertambah, tentu saja akan berbanding lurus dengan kapasitas dosen yang berkualitas", ujarnya.

 

Kegiatan yang diikuti sekitar 80 peserta dari unsur dosen dan pimpinan setiap fakultas ini mendatangkan Prof. Waridin, Guru Besar (GB) Universitas Diponegoro (Undip) dan Prof. Eko Priyo Purnomo, Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Dalam paparannya, Prof. Waridin menjelaskan pengurusan jabatan fungsional ke Lektor Kepala (LK) atau GB. "Bapak ibu jangan terjebak dengan jabatan Asisten Ahli, jangan takut naik ke Lektor atau Lektor kepala Ahlinya jadi hilang. Saya mengapresiasi betapa pedulinya bu Rektor dengan kepangkatan dosen. Hal ini akan membawa banyak dampak positif bagi lembaga", terangnya.

 

Sementara, Prof. Eko Priyo Purnomo menerangkan tips dan trik menembus Jurnal Internasional/Scopus serta Science and Technology Index atau Sinta. "Untuk memiliki jurnal-jurnal yang terindex, tipsnya saat menulis berkelompok. Kita ajak kolaborasi mahasiswa di dalam timnya, ini bisa memberi banyak manfaat baik untuk mahasiswa maupun bisa untuk dosen hingga akreditasi fakultas", ungkap Prof. Eko.