Dekan Fikom Beri Arahan Langsung Peserta Diklat UKM-F Radio




Minggi (06/03), Unit Kegiatan Mahasiswa Fakuktas (UKM-F) Radio Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) melaksanakan Diklat di Ruang Soemantri Gedung Rektorat.

 

Dengan mengusung tema “Kepak Sayap Radio Membahana”, kegiatan ini dihadiri langsung Dekan Fikom, Harliantara yang memberikan arahan-arahan pada peserta. Dalam arahannya, Harliantara menyampaikan Fikom telah menyiapkan wadah untuk mengasah seluruh skill dan kemampuan mahasiswa sesuai dengan peminatan atau konsentrasi bidang keilmuan  komunikasi. “Fikom sudah membangun infrastruktur untuk mahasiswa seperti Radio Streaming Fikom Unitomo yang sudah bisa diunduh di Playstore”, ujarnya.

 

Sementara itu, Dekan asal Kota Kembang ini juga menambahkan mahasiswa Fikom harus mematangkan diri dengan terus mengasah knowledge, skill, dan mental ability. “Sebagai penunjang, kita saat ini sudah bergandengan dengan Radio Istara 101.1 FM sebagai radio profesional dan komersial, maka manfaatkan fasilitas yang sudah diupgrade dengan baik, karena semua ini dibangun untuk meningkatkan mutu dan kualitas mahasiswa”, imbuhnya.

 

Lebih lanjut, Harliantara berharap pelatihan dan workshop dilakukan terus menerus untuk melatih kemampuan seni berbicara mahasiswa dengan memahami Elemen Suara seperti Tone Quality, Intonation, Clarity, Stressing, Pause dan Volume. “Basis ini dibutuhkan untuk menjadi komonikator dalam komunikasi melalui media apapun”, tandasnya.

 

Ditemui di sela kegiatan, Ketua Pelaksana Diklat UKM-F Radio, Lukas Ragil sangat mengharapkan kepada seluruh peserta diklat tahun 2022 untuk bersungguh-sungguh dalam berproses. “Semoga anggota UKM-F Radio lebih aktif, tidak pasif dan bisa membawa nama Fikom Unitomo lebih harum dan lebih dikenal oleh masyarkat Indonesia”, kata Lukas.

 

Lukas menambahkan dari diklat yang sudah terselenggara, seluruh panitia pelaksana diklat berharap supaya para mahasiswa yang tergabung dalam UKM-F Radio dapat memperkenalkan Fikom melalui dunia radio yang mengudara. “Ke depan semoga para peserta mampu menjadi penyiar yang dikenal khalayak luas, dari Fikom Unitomo untuk masyarakat”, tutupnya. (r-write/wild)